IPhone X Seharga $ 999 Langsung Retak Saat Uji Dijatuhkan

oleh
banner 300250

Amerika, suarabali.com – iPhone X adalah salah satu smartphone termahal di bumi saat ini. Dia dikejar-kejar oleh fansnya dengan antusias sampai antri berjam-jam.

Tapi dari semua kehebatan sisi teknologinya, sebetulnya seberapa tangguh kekuatan fisik casing ponsel iPhone X seharga nyaris $1000 ini? Misal, jika dijatuhkan apakah dia kuat? Ternyata, menurut media Cnet, handset iPhone X langsung retak pecah saat dijatuhkan pertama kali.

Apa yang mungkin tidak pembeli ketahui: merusak iPhone X bisa jauh lebih menyakitkan. Tidak hanya biaya handsetnya super mahal, namun juga ongkos memperbaiki iPhone X juga akan memakan biaya lebih banyak dari model sebelumnya.

Uang asuransi ponsel ditagih sekitar $ 200 untuk “AppleCare +”, mengganti layar display dapat membuat terkena biaya extra $ 279. Kaca itu bisa menelan biaya $ 5509. Lihat saja rincian harga ini.

Sebagian besar layar iPhone rentan terhadap goresan, namun dengan kaca di kedua sisi, iPhone X memiliki luas permukaan yang lebih potensial mudah tergores.

Pertama, dicoba melakukan kerusakan goresan dengan kunci rumah, soalnya kunci rumah paling akal masuk didalam saku bersama ponsel. Untuk tes ini dipakai iPhone X varian warna Space Grey dan Silver untuk melihat apakah warna membuat perbedaa jelas dari goresan tersebut muncul.

Kunci digoreskan di kaca belakang kedua telepon berulang kali, menerapkan tekanan medium, tapi tidak mampu menghasilkan kerusakan yang terlihat. Sama berlaku untuk rangka stainless steel. Tapi ketika menggosok gelas dengan amplas grit medium, goresannya terlihat, dan sedikit lebih terasa pada versi Space Grey. Melakukan hal yang sama pada bingkai stainless steel tidak meninggalkan bekas luka yang terlihat.

Ketika membalikkan telepon, terlihat bahwa layar mereka sudah memiliki beberapa penyok kecil dan goresan tambahan hanya dari menggosok di permukaan keramik yang sedang diuji. Tes kunci tidak membuat luka goresan, dan amplas meninggalkan bekas yang sama seperti pada kaca belakang.

 

Selanjutnya, iPhone Gray Grey menjalankan tes dijatuhkan ke trotoar. Tes drop dijatuhkan sesi pertama adalah dari ketinggian 3 kaki (0,9 m), atau sekitar setinggi saku celana untuk kebanyakan orang.

Bagian belakangnya jatuh menghantam trotoar lebih dulu, seketika bisa langsung terlihat retak kerusakannya. Kaca dari tiga sudut itu retak pada tingkat keparahan yang berbeda dan menjalar ke sisi kamera.

Sudut kanan bawah mengambil benturan terbesar dan memiliki fraktur terbesar yang mengapit sudut. Bahkan baja tahan karat pada frame tampak terkelupas di sisi ini dimana ponsel menghantam lantai. Sudut kanan atas juga memiliki retak kecil dan bekas luka di bingkai, dan benjolan kecil lainnya di sudut kiri bawah kaca.

IPhone X mungkin bisa menangani keausan dan pemakaian sehari-hari, tapi tampaknya tidak cukupkuat jika terjatuh. Tes membuktikan, hanya butuh satu kali dijatuhkan cukup untuk memecahkan kaca pada ponsel ini. Bahkan rangka stainless steel pun rentan terkena kerusakan.

Tes ini memang tidak memenuhi standar sains yang tepat. Tapi melihat hasilnya hanya sekali jatuh langsung retak tentu mengecewakan juga, apalagi harganya hampir seharga $ 1000. (Hsg)