Inilah Jeroan iPhone X Ketika Dibongkar Pertama Kalinya

oleh
banner 300250

Amerika, suarabali.com – Banyak yang kagum dengan sisi teknologi iPhone X terbaru sehingga banyak yang bertanya, sebetulnya teknologi perangkat apa saja yang ditanamkan apple didalam ponsel anyar mereka ini sampai dijual begitu mahalnya.

Seorang teknisi iFixit membuka sebuah iPhone X yang baru saja diperolehnya dan menunjukan seperti apa isi jeroan ponsel seharga $ 999 ini.

Merobek casing ponsel baru seharga $ 999 mungkin tampak sebagai ide bodoh, ‘teardown’ pertama dari iPhone X telah mengungkapkan bagian dalamnya yang menunjukan layout radikal didesain ulang.

Apple berhasil menjejalkan dua baterai berbentuk huruf “L” yang mencengangkan, memungkinkan mereka mengaturnya dalam bentuk L untuk mengoptimalkan ruang didalam casing ponsel.

iFixit mengatakan desain baru itu sebenarnya lebih mirip dengan iPhone asli dari yang mereka harapkan.

‘IPhone telah menempuh perjalanan jauh dalam sepuluh tahun – begitu lama, sebenarnya, desainnya sedikit bergeser, dan iPhone ini terlihat lebih mirip aslinya daripada yang pernah kita lihat dalam waktu lama.’

Perbedaan yang paling nyata adalah dengan dijejalkan baterai kapasitas besar yang sekarang ada dua jumlahnya.

Mereka diatur dalam bentuk L dengan komponen dipasang di sekitar mereka.

Secara umum, ini memberi iPhone X sebuah ‘skor perbaikan’ enam dari 10, memuji kemudahan relatif dimana seseorang dapat mengganti layar dan baterai perangkat namun tidak nyaman di kaca belakang yang ditempel dengan lem-kaca akan memaksa user untuk mencopot komponen tambahan seperti kamera belakang jika pernah pecah dan butuh penggantinya.

‘Kaca di depan dan belakang di lipatgandakan kemungkinan mencegah kerusakan – dan jika kaca belakang pecah, Anda akan mengganti setiap komponen dan mencopot seluruh sasis,’ kata mekanik menjelaskan.

Beberapa pembeli yang tidak beruntung telah menjatuhkan dan memecahkan handset baru mereka seharga 999 dolar karena kelalaian selama dijalan.

Namun, iFixit mengatakan bahwa ‘Perbaikan display dan baterai tetap menjadi prioritas dalam desain iPhone.’

Casing yang retak dapat diganti tanpa harus melepas perangkat keras Face ID biometrik, yang berarti perbaikan harusnya akan lebih murah dan lebih cepat. Memperbaiki hanya layar iPhone X akan membuat user terkena biaya sekitar $ 279.

Ketika Apple mencek kerusakan ponsel Anda untuk apa yang mereka sebut ‘kerusakan lainnya’, biaya perbaikan bisa melonjak setinggi $ 549.

Harga perbaikan tersebut jauh lebih tinggi daripada biaya perbaikan iPhone 8 plus, yang tidak menampilkan layar OLED keren dari iPhone X.

Memperbaiki layar iPhone 8 ditambah biaya $ 169, dan $ 399 untuk kerusakan lainnya, menurut Apple.

Apple mengatakan biaya berlaku jika Anda ‘perlu mengganti layar Anda karena kerusakan atau kesalahan penanganan yang tidak disengaja.’

Kapasitas baterai 2.716mAh, yang sedikit lebih besar dari unit 2.691mAh di iPhone 8 Plus meski sebelumnya berukuran hampir setengah inci lebih pendek.

‘Desain dual-sel lebih merupakan ukuran pemanfaatan ruang daripada yang mengubah kapasitas,’ kata iFixit.

‘Dua sel memungkinkan untuk bentuk dan penempatan yang lebih kreatif, paling baik memanfaatkan ruang yang tersisa dengan menyusutkan logic board.’

Apple juga berhasil mengecilkan papan sirkuit utama ponsel dengan melipatnya secara efektif.

Hasilnya adalah komponen itu pas dengan komponen yang memiliki ruang sekitar 35 persen lebih banyak daripada area logic board di iPhone 8 Plus saat sepenuhnya diletakkan pada bidang yang berukuran 70 persen dari keseluruhan papan itu secara keseluruhan. (Hsg)