Ini Hasil Final Penghitungan Suara Pilgub Bali

oleh
KPU Bali melakukan rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilgub Bali tahun 2018, Minggu (8/7/2018). (Ist)
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bali (KPU Bali) melakukan rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat provinsi dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali Tahun 2018, Minggu (8/7/2018)

Rapat pleno yang berlangsung di ruang rapat KPU Bali itu dihadiri jajaran Bawaslu Bali, para saksi pasangan calon, dan para Ketua KPU Kabupaten/Kota se-Bali. KPU Bali juga mengundang Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Provinsi Bali, KI Bali, KPID Bali, Ombudsman Perwakilan Bali, Kesbangpol Provinsi Bali, Tim dan LO dari masing-masing pasangan calon serta instansi terkait lainnya.

Dalam rapat yang dipimpin Ketua KPU Bali Dewa Raka Sandi itu, masing-masing KPU Kabupaten/Kota membuka kotak suara hasil rekapitulasi di tingkat kabupaten untuk mengambil Berita Acara Rekapitulasi (Formulir DB-KWK) dan Sertifikat Hasil Rekapitulasi (Formulir DB1 KWK).

Formulir tersebut kemudian dibacakan secara bergantian oleh seluruh anggota KPU Bali yang kemudian dituangkan dalam berita acara (Model DC-KWK) beserta Serifikat Hasil Rekapitulasi (Model DC1-KWK).

Berdasarkan penjumlahan dari seluruh kabupaten/kota yang dituangkan dalam Seritifkat Hasil Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara, pasangan calon nomor urut 1, Wayan Koster dan Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati (Koster-Ace) memperoleh suara sebanyak 1.213.075 suara (57,68%).

Sedangkan pasangan calon nomor urut 2, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra dan I Ketut Sudikerta (Mantra-Kerta) memperoleh sebanyak 889.930 suara (42,32%).

Tahapan selanjutnya adalah penetapan pasangan calon terpilih yang dilaksanakan setelah Mahkamah Konstitusi (MK) menyampaikan bahwa tidak ada perselisihan hasil pemilihan dalam pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali tahun 2018.(*)