IMF-WB Annual Meeting Berakhir, Kinerja Polri Dapat Pujian

oleh
Meskipun sudah berakhir, Kapolda Bali Irjen Petrus R. Golose tetap melakukan pengecekan ke tempat kegiatan IMF-World Bank di kawasan ITDC Nusa Dua Bali. Minggu (14/10/2018). (Ist)
banner 300250

Nusa Dua, suarabali.com – Sidang tahunan IMF-WB 2018 di Nusa Dua, Bali berakhir hari ini, Minggu (14/10/2018). Dari seluruh rangkaian kegiatan tersebut, pemerintah Indonesia, khusususnya Provinsi Bali, dinyatakan sukses menjadi tuan rumah. Selain berjalan aman dan lancar, tercatat sebanyak 34.000 delegasi dari 189 negara datang ke Bali.

Kesuksesan tersebut bisa dicapai karena koordinasi seluruh stakeholders yang tergabung dalam kepanitiaan berjalan dengan baik dan maksimal. Namun, hal yang paling penting dari suksesnya perhelatan terbesar sejak zaman Kerajaan Majapahit itu adalah bagaimana pemerintah Indonesia yang terus berkoordinasi dan meyakinkan IMF untuk menjamin keselamatan maupun keamanan para peserta Annual Meetings.

Apresiasi pun datang dari pihak IMF-WB untuk Kepolisian Daerah Bali. Mereka mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kapolda Bali Irjen Pol. Petrus Reinhard Golose yang sudah menjaga keamanan dengan baik, ketat, tegas, tetapi humanis dan menciptakan suasana sejuk, sehingga para delegasi merasa aman dan nyaman selama mengikuti sidang tahunan di Bali.

Saat dikonfirmasi, Irjen Pol. Petrus Reinhard Golose membenarkan bahwa pihak IMF-WB memberi apresiasi terhadap kinerja Polri saat melaksanakan pengamanan. Sinergitas TNI-Polri dari tingkat atas sampai bawah berjalan dengan baik.

“Saya nilai, pengamanan ini sangat luar biasa. Koordinasi antar Satgas berjalan optimal sehingga seluruh kegiatan IMF-WB dapat diamankan sesuai rencana yang telah ditentukan. Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Polri dan TNI yang terlibat dalam pengamanan ini,” kata jenderal lulusan Akpol tahun 1988 ini, Minggu (14/10/2018) siang.

Dia menjelaskan, persiapan pengamanan IMF-WB sudah dilakukan dari satu setengah tahun yang lalu. Tidak hanya di internal kepolisian, Kapolda juga melakukan berbagai kegiatan dengan instansi lainnya, terutama dalam koordinasi komponen pengamanan.

“Semua kegiatan sudah kita lakukan. Tujuannya, untuk meyakinkan panitia IMF dan dunia bahwa Polri mampu mengamankan event ini,” ujar Kapolda Bali.

Sebelum event ini digelar di Bali, Kapolda mengaku sudah dua kali ke Amerika Serikat untuk mengikuti Annual Meetings dan Spring Meetings. Dalam pertemuan itu, Kapolda memaparkan kesiapan pemerintah Indonesia menjadi tuan rumah dan menyatakan Provinsi Bali siap menjadi tempat berlangsungnya IMF-WB.

Meskipun sudah berakhir, Kapolda Bali Irjen Petrus R. Golose tetap melakukan pengecekan ke tempat kegiatan IMF-World Bank. Salah satunya ke BICC yang berada di kawasan ITDC Nusa Dua Bali. Minggu (14/10/2018).

Kapolda mengecek personel yang masih melakukan pengamanan, meski kegiatan rapat sudah selesai. “Kita tetap lakukan pengamanan, karena masih ada peserta maupun staf dari masing-masing delegasi yang datang ke tempat ini untuk melengkapi data-data mereka,” katanya.

“Walau tidak secara keseluruhan tetap dilakukan pengamanan, karena kita ingin seluruh kegiatan rapat tahunan ini berjalan aman dan sukses.” imbuhnya.

Selain mengecek personel yang melaksanakan pengamanan, Kapolda Bali juga berkoordinasi dengan pihak panitia mengenai pengamanan yang sudah dilakukan oleh anggotanya.

“Karena kesiapan pengaman untuk menyukseskan kegiatan ini sudah dilakukan dari satu setengah tahun yang lalu,” tegasnya. (*)