Ikut Kontes Kecantikan, Ayam Jantan dari Makassar Bertandang ke Surabaya

oleh
Petugas Karantina Pertanian Makassar di Bandara Sultan Hasanuddin saat memeriksa ayam serama yang akan berangkat ke Surabaya. (Ist)
banner 300250

Makassar, suarabali.com – Sultan Hasanuddin dikenal dengan julukan De Haantjes van Het Osten atau “Ayam Jantan dari Timur. Julukan itu disematkan kepada pahlawan nasional asal Sulawesi Selatan ini karena keberaniannya melawan pemerintah kolonial Belanda. Kini namanya diabadikan menjadi bandar udara internasional di Kota Makassar.

Dari Bandara Sultan Hasanuddin inilah akan berangkat 22 ekor ayam serama menuju Surabaya. Ayam serama merupakan salah satu jenis ayam hias. Dengan postur tubuh yang tegak serta dada yang membusung tinggi, mereka banyak digemari oleh para pencinta ayam.

Sebelum diberangkatkan , ayam-ayam ini terlebih dahulu dilaporkan dan diserahkan kepada petugas karantina untuk diperiksa kesehatannya. Mirah Dwija, dokter hewan Karantina Pertanian Makassar yang bertugas di Bandara Sultan Hasanuddin, memeriksa kelengkapan dokumen berupa Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH), pemeriksaan klinis, serta pengambilan sampel darah untuk uji laboratorium.

“Sebanyak 17 ekor ayam jantan dan 5 ekor ayam betina ini akan diikutkan dalam Kontes Nasional Kecantikan Seni Ayam Serama di Surabaya pekan depan,” ujar Mirah.

Setelah dipastikan kesehatannya, Sertifikat Kesehatan untuk ayam serama ini akan diterbitkan. Mereka pun siap bertandang ke Surabaya untuk mengikuti lomba. (*)