Honda Pamerkan Motor “Self-Balancing” Berdiri Sendiri Tanpa Kaki Turun

oleh
banner 300250

Jepang, suarabali.com – Honda memiliki motor baru yang bisa berdiri tegak dengan atau tanpa pengendara duduk diatasnya, menggunakan teknologi yang dipelajarinya dari berkembangnya proyek robotic humanoid berjalan.

Diresmikan minggu lalu di Tokyo Motor Show, ‘Honda Riding Assist-e’ adalah model konsep all-electric yang terus-menerus berdiri tegak dan menggerakan stang kiri-kanan untuk memastikan kendaraan tetap tegak.

Selama bertahun-tahun, produsen sepeda motor internasional telah bereksperimen dengan berbagai bentuk giroskop untuk mencegah motor jatuh, kata Hiroyuki Nakata, insinyur di balik idenya.

“Tapi jika Anda ingin menyimpan sesuatu seberat sepeda motor, Anda memerlukan alat gyroscopic yang besar dan berat dan Anda perlu terus mengubahnya,” katanya.

Perangkat Honda, bagaimanapun, hanya besarnya cuma seukuran lampu dan bisa dipasang di atas roda depan.

Dengan sistem dimatikan, sepeda motor bergoyang-goyang saat pengendara mengambil tangannya dari situ. Tapi saat dibalik, motor tetap berdiri tegak seperti dalam pertunjukan sulap, bahkan saat pengendara berjalan menjauh darinya.

“Visi kami adalah memasang motor besar dan kecil yang digunakan untuk perjalanan sehari-hari,” kata Nakata.

Teknologi ini berasal dari robot Honda Asimo, humanoid berkaki dua, robot humanoid self-standing yang bisa joging, menari dan bercakap-cakap dengan orang-orang. Robot tersebut telah ditunjukkan kepada para pemimpin dunia, termasuk Justin Trudeau asal Kanada dan mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama. (Hsg)