Hari Ini Status Gunung Agung Turun ke Level III Siaga

oleh
Gunung Agung
banner 300250

Karangasem, suarabali.com – Kepala  Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana dan Geologi, Kasbani menyatakan  status Gunung Agung dari level IV (awas) menjadi level III (siaga) terhitug sejak hari ini Minggu (29/10/2017) sekira pukul 16.00 Wita.

Dia menjelaskan, diturunkannya status Gunung Agung dari awas ke siaga  tersebut berdasarkan aktivitas gunung tersebut. Dimana aktivitas kegempaan sejak 20 Oktober 2017 terus menurun.

Kemudian dalam waktu enam hari terkahir ini aktivitas kegempaan terus menurun.

“Awalnya   aktivitas kegempaan yang tadinya 600 sampai 1.000 kali sekarang turun menjadi  200 sampai 400,”terangnya.

Imbuhnya,;bahwa  turunnya ini secara stabil selain itu  data deformasi juga menunjukkan adanya perlambatan atau deflasi.

” Data satelit juga menunjukan penurunan. Kami hari ini melihat visualisasi aktivitas manifestasi di kawah gunung menunjukkan ada penurunan dari sebelumnya,”paparnya.

“Maka berdasarkan data-data itu semua status Gunung Agung terhitung mulai hari ini 29 Oktober 2017 jam 16.00 Wita dinyatakan turun dari level awas ke level siaga,”terangnya.

Imbuhnya, bahwa rekomendasinya untuk masyarakat dilarang beraktivitas dari 6 kilo meter kawah puncak gunung dan 7.5 km secara sektoral.

“Meskipun statusnya turun Gunung Agung masih perlu untuk diwaspadai,”tutupnya.(Dsd)