Hari Ini Ada Acara Ngopi Gratis di Puspem Badung

oleh
Ilustrasi. (Ist)
banner 300250

Badung, suarabali.com – Hari ini (1/10/2018), Pemkab Badung menggelar peringatan Hari Kopi Sedunia di areal Puspem Badung. Kegiatan ini dimeriahkan dengan minum kopi gratis untuk 1.000 cup oleh para pelaku kopi dan pegawai di lingkungan Pemkab Badung.

Kabid Perkebunan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, Ni Luh Wayan Suparmi mengatakan peringatan Hari Kopi Sedunia ini merupakan perayaan bagi pencinta kopi. Untuk itu, pihaknya mencoba mengemas perayaan tersebut dengan membuat satu hari perayaan bagi penikmat kopi. Kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan produktivitas dan kualitas kopi Kabupaten Badung. Mempromosikan kopi Badung dan menyejahterakan petani kopi Badung.

“Saat peringatan Hari Kopi Sedunia, kami dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung ingin membuat satu hari perayaan bagi pecinta kopi,” ujarnya di Puspem Badung, Jumat (28/9/2018).

Kegiatan tersebut melibatkan sejumlah pelaku kopi. Di antaranya Bali Bean, Koperasi Mertha Bhuana, dan Subak Abian Semanik Sari. “Kegiatan ini juga akan diisi ngopi gratis untuk seribu orang,” kata Suparmi.

Dia membeberkan, latar belakang peringatan Hari Kopi Sedunia ini. Kata dia, saat ini kopi bukan sekadar minuman biasa. Kopi telah berevolusi menjadi bagian dari gaya hidup. Tren kopi yang kian mendunia inilah yang kemudian melahirkan gagasan peringatan Hari Kopi Sedunia tiap 1 Oktober sejak tahun 2015.

Indonesia merupakan negara keempat penghasil kopi terbesar di dunia. Selain terbesar, Indonesia juga merupakan negara yang memiliki variestas jenis kopi beragam, yang tiap varietasnya memiliki keunikan masing-masing. Hanya saja masih perlu edukasi bagi masyarakat terkait tumbuhan dan minuman kopi ini.

“Sungguh disayangkan kita sebagai negara penghasil biji kopi terbesar di dunia, tapi tidak paham kopi. Makanya Pemkab Badung melalui Dinas Pertanian dan Pangan ingin mempromosikan kopi Badung ini dengan membuat perayaan Hari Kopi Sedunia pada 1 Oktober ini,” katanya.

Selain menjadi ajang peringatan Hari Kopi Sedunia, acara ini juga diharapkan dapat menjadi wadah untuk mengetahui tentang kopi. Sebab, kopi tidak cuma minuman, tetapi di dalamnya ada profesi dan juga karya seni.

“Untuk memberikan pengalaman dan informasi yang nyata mengenai citarasa kopi Badung, kami akan membagikan 1.000 cup kopi yang merupakan olahan dari pelaku  kopi binaan Dinas Pertanian dan Pangan Badung,” tandasnya. (*)