Hanya Pakai Gadget Radio $ 11 Dapat Bobol FOB Kunci Mobil

oleh
banner 300250

Cina, suarabali.com – Selama bertahun-tahun, AUTOMAKERS dan peretas mengetahui tentang serangan cerdas yang meniru sinyal dari FOB kunci mobil nirkabel untuk membuka pintu kendaraan, dan bahkan mencurinya.

Tetapi setelah demonstrasi berulang memakai pencuri mobil asli, teknik ini masih ampuh bekerja pada sejumlah model.

Kini tim peneliti Cina tidak hanya menunjukkan bagaimana membobol mobil, tapi juga membuatnya lebih murah dan mudah dari sebelumnya.

Sekelompok periset di firma keamanan Qihoo 360 yang berbasis di Beijing baru-baru ini melepas produk yang disebut relay hack dengan sepasang gadget yang mereka jual seharga $ 22.

Itu jauh lebih murah daripada versi sebelumnya dari perangkat lunak spoofing utama. Periset Qihoo, yang baru-baru ini menunjukkan hasilnya di konferensi Hack in the Box di Amsterdam, mengatakan bahwa peningkatan mereka juga secara signifikan mengalikan jangkauan serangan radio, yang memungkinkan mereka mencuri mobil yang diparkir lebih dari seribu meter dari FOB kunci pemiliknya.

Serangan pada dasarnya trik memanipulasi si-mobil dan kunci realnya yang ditipu seolah antara mobil dan kunci berdekatan.

Seorang hacker memegang sebuah alat segera menempel beberapa meter dari kunci korban, sementara dilain lokasi seorang pencuri lainnya memegang gadget pembobol di dekat mobil sasaran.

Perangkat di dekat mobil meniru sinyal dari kuncinya. Itu memunculkan sinyal radio dari sistem masuk tanpa kunci mobil, yang mencari sinyal tertentu kembali dari kunci sebelum terbuka.

Alih-alih mencoba memecahkan kode radio itu, perangkat peretas malah menyalinnya, lalu mengirimkannya melalui radio dari salah satu perangkat peretas ke unit yang lain, dan kemudian ke tombolnya. Kemudian mereka segera mengirimkan respons kunci kembali, ini secara efektif memberi tahu mobil bahwa seolah kuncinya ada di tangan pengemudi.

“Serangan tersebut menggunakan kedua perangkat untuk memperluas jangkauan efektif FOB kunci,” kata Jun Li, salah satu peneliti di kelompok Qihoo, yang menyebut diri mereka sebagai Tim Unicorn.

“Anda bekerja di kantor Anda atau berbelanja di supermarket, dan mobil Anda diparkir di luar. Seseorang membuntuti di dekat Anda dan kemudian teman pencuri lain dapat membuka dan mengemudikan mobil Anda. Sederhana itu saja.” (Hsg)