Gubernur Koster Resmi Ucapkan Selamat Atas Kemenangan Jokowi

oleh
Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur Bali Wayan Koster saat meninjau Pasar Badung, Bali, Sabtu (18/5/2019). (Val)
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Meskipun KPU belum resmi mengumumkan pemenang Pilpres 2019, tetapi Gubernur Bali Wayan Koster secara resmi telah menyampaikan ucapan selamat kepada Presiden Joko Widodo atas kemenangannya dalam Pilpres 2019.

“Saya sebagai pribadi, sebagai Gubernur Bali, serta mewakili seluruh masyarakat Bali, dengan ini menyampaikan selamat kepada Bapak Joko Widodo dan KH Ma’aruf Amin atas kemenangan pasangan ini dalam Pemilihan Presiden yang baru lalu,” ujar Koster, Selasa (21/5/2019).

Kemenangan pasangan Jokowi-Ma’aruf Amin ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa (21/5/2019) dini hari. Jokowi-Ma’aruf Amin meraih 55,50 persen suara dari total suara sah nasional. Sedangkan pesaingnya, pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno hanya meraih 44,50 persen suara.

Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa Jokowi akan kembali memimpin Indonesia untuk lima tahun mendatang.

“Kami angayu bagia, berterima kasih dan berbahagia atas kemenangan  Bapak Jokowi, dan seluruh masyarakat Bali mendoakan agar Bapak Jokowi sekeluarga  selalu dianugerahi kesehatan dan keselamatan, sehingga mampu membawa bangsa dan negara ini lebih maju lagi,” ujar Koster.

Pasangan Jokowi-Ma’aruf Amin unggul di 21 provinsi, termasuk Bali, daerah yang mencatat kemenangan fantastis 91,68 persen serta tingkat partisipasi pemilih 82 persen. Persentase tersebut merupakan yang tertinggi di Indonesia dan menunjukkan betapa solidnya dukungan masyarakat Bali.

“Bapak Presiden sendiri telah menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasinya atas dukungan masyarakat Bali itu,” ujar Koster.

Ketua DPD PDI Perjuangan Bali itu mengungkapkan betapa gembiranya Jokowi saat berkunjung ke Bali pada 17-18 Mei 2019. “Beliau sangat bahagia dengan sambutan masyarakat Bali dan berbagai kemajuan pembangunan di daerah ini,” katanya.

Sebagai sesama kader PDI Perjuangan, Koster sempat terlibat obrolan santai dengan Presiden Jokowi dan Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung saat makan malam di Kuta. Obrolan yang diselingi senda gurau akrab itu berlangsung di meja makan sembari Presiden Jokowi menyantap nasi goreng.

“Kalau tidak diingatkan oleh ajudan, ngobrol-ngobrol itu bisa sampai tengah malam,” kata Koster.

“Saat itu kembali Bapak Presiden menyatakan komitmennya untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur di Bali dan juga memperkuat dukungan pemerintah pusat kepada desa adat,” tegasnya.

Koster juga mengimbau seluruh komponen masyarakat agar menerima hasil Pilpres yang telah ditetapkan KPU.

“Kemenangan Pak Jokowi dalam Pilpres harus dimaknai sebagai kemenangan bersama seluruh rakyat Indonesia,” ujarnya.

Koster meminta masyarakat untuk mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa, tegaknya ideologi Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Pemilu sudah selesai,sebanyak 80 % rakyat Indonesia telah menggunakan hak pilihnya,memutuskan pilihannya dalam membangun demokrasi sesuai nilai-nilai Pancasila. Sepantasnya kita menghormati pilihan dan keputusan rakyat Indonesia,” ungkapnya.

Koster mengingatkan bahwa perbedaan pilihan dalam Pemilu Serentak 2019 seyogianya tidak membuat bangsa Indonesia menjadi terpecah belah.

“Kita harus mengedepankan kepentingan dan kemajuan bangsa di atas segala-galanya agar di bawah kepemimpinan Bapak Jokowi, bangsa dan negara ini terus bergerak maju dengan dinamis dalam memasuki persaingan global,” pungkasnya. (*)