Gubernur Bali: Galungan Momentum Peningkatan Kualitas Diri

oleh
Gubernur Bali Made Mangku Pastika memberi arahan saat apel disiplin di halaman Kantor Gubernur Bali, Senin (28/5/2018). (Ist)
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Gubernur Bali Made Mangku Pastika meminta Hari Raya Galungan yang akan dirayakan dalam beberapa hari kedepan dijadikan momentum untuk peningkatan kualitas diri.

“Perayaan Hari Raya Galungan merupakan peringatan kemenangan Dharma atas Adharma, dimana sesungguhnya Adharma tersebut ada dalam diri kita sendiri,” kata Pastika saat menjadi pembina apel disiplin di halaman Kantor Gubernur Bali, Senin (28/5/2018).

Adharma yang dimaksud adalah enam musuh dalam diri kita sendiri  (Sad Ripu) serta tujuh kegelapan (Sapta Timira). “Sad Ripu dan Sapta Timira inilah yang sesungguhnya harus kita perangi. Kita harus bisa mengalahkannya. Itulah sesungguhnya makna kemenangan dharma atas adharma,“ imbuhnya.

Pastika menambahkan, perayaan Hari Raya Galungan yang diperingati setiap 210 hari hendaknya diisi dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat dan  berguna  sesuai yang diajarkan dalam sastra agama kita. Sehingga, rangkaian kegiatan Hari Raya Galungan bisa membawa perubahan dan tidak terlewati begitu saja.

“Kita patut bersyukur bisa merayakan Hari Galungan. Untuk itu, maknai betul perayaannya. Galungan harus bisa mengubah paradigma kita menjadi yang lebih baik, sehingga kita layak jadi panutan keluarga dan masyarakat,” tuturnya.

Di akhir arahannya, Gubernur Pastika juga mengingatkan jajarannya untuk bekerja sebaik-baiknya berdasar pada Norma Standar Prosedur dan Kriteria (NSPK). Gubernur meminta agar pekerjaan yang belum terselesaikan agar segera dikerjakan serta memeriksa kembali pekerjaan yang telah selesai dikerjakan agar nantinya tidak ada kesalahan dan menjadi temuan BPK.(*/Sir)