Giri Prasta: Kami Minta Pelaku Wisata Gunakan Produk Lokal

oleh
Pembukaan acara Discovery Kemerdekaan Flower Festival oleh Bupati Badung, Rabu (16/8)/Foto: Ist
banner 300250

BADUNG, SUARABALI.COM – Dampak positif pesatnya perkembangan pariwisata Bali belum dirasakan merata ke seluruh masyarakat Bali. Salah satunya pada sektor pertanian lokal Bali. Para petani bunga selama ini masih kurang mendapatkan sentuhan dari pemerintah untuk memasarkan produk mereka.

Melihat hal itu, Discovery Shoping Mall mencetuskan sebuah gagasan untuk menjembatani hasil perkebunan dari para petani untuk menunjang keberlangsungan pariwisata Bali. Melalui  ajang bertajuk Diacovery Kemerdekaan Flower Festival, Discovery Shoping Mall menggelar festival bunga yang menampilkan hasil-hasil perkebunan petani Lokal Bali.

 

Gelaran yang dibuka oleh Bupati Badung Giri Prasta ini akan berlangsung hingga 21 Agustus 2017.

 

Corporate General Manager Discovery Shopping Mall, Wayan Puspa Negara mengatakan, pihaknya berupaya memfasilitasi para petani bunga agar memiliki akses dngan para pelaku pariwisata, khususnya hotel di kawasan Badung.

 

“Kami ingin memfasilitasi sekaligus sebagai penghubung antara pertanian dengan pelaku pariwisata, mengingat selama ini mereka kurang mendapat perhatian,” ujar Puspa Negara saat ditemui di sela-sela kegiatan, Eabu (16/8) sore.

 

Event yang digelar sekaligus untuk memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia tersebut juga diisi dengan berbagai kegiatan,  seperti pertunjukan budaya Nusantara, pameran lukisan Bung Karno, dan banyak kegiatan lainnya.

 

Bupati Badung Giri Prasta dalam sambutannya mengungkapkan, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan potensi pertanian yang ada di kabupaten Badung.

“Kita akan terus berupaya meningkatkan potensi pertanian, tentunya kami meminta agar pelaku pariwisata yang ada di Kabupaten Badung agar menggunakan produk lokal yang dibeli langsung dari petaninya,” imbau Giri Prasta.

Untuk menunjang sinergi itu, Giri Prasta mengatakan, Dinas pertanian akan dibuatkan aplikasi dengan sistem yang akan mempermudah jual beli hasil pertanian.

 

Puspa Negara berharap, acara tersebut akan menjadi agenda tahunan dan menjadi sebuah kolaborasi antara pemerintah daerah. Terlebih lagi visi misi Bupati Badung salah satunya adalah untuk mengangkat harkat dan martabat pertanian dengan mengangkat potensi pertanian di Badung, salah satunya adalah bunga dan holtikultura.

 

Puspa Negara mengatakan, segala jenis transaksi yang ada dalam festival tersebut akan diserahkan sepenuhnya kepada para petani karena kegiatan tersebut sekaligus sebagai bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) Discovery Shopping Mall untuk membantu para petani bunga di Bali.

 

Untuk diketahui, event Flower Festival tersebut dibuka untuk umum dengan melibatkan sekitar 69 petani dari seluruh Bali yan 38 di antaranya dari Kabupaten Badung.(GG)