Giradora Mesin Cuci Pakai Pedal Kaki, Bebas Listrik

oleh
Giradora mesin cuci pedal kaki manual tanpa listrik untuk daerah kumuh
banner 300250

PERU, SUARABALI.COM – Masalah kebersihan masyarakat diwilayah kumuh menjadi perhatian serius. Sanitasi tubuh dalam keseharian perlu terjamin baik sekalipun hidup miskin.

Pemukiman kumuh menghadapi salah satu masalah cuci mencuci pakaian yang cukup sulit dipecahkan. Harga mesin cuci mahal dan juga menyedot banyak kapasitas listrik.

Manusia pasti memakai perlu berganti pakaian, jadi harus ada kegiatan mencuci pakaian. Mencuci pakaian membutuhkan tenaga ekstra secara manual, cukup menyita waktu, pekerjaan rumah tangga ini makin sulit jika pemakaian air bersih tidak efisien.

Masalah mencuci pakaian ini lantas membuat diciptakannya mesin cuci manual bernama Giradora yakni “mesin pencuci pakaian tenaga manusia”, tanpa listrik, dan tidak menguras tenaga banyak.

Dalam hitungan normal mencuci pakaian cara tradisional memakan waktu satu jam, boros air, belum tentu bersih semua, dengan Giradora cukup 15 menit urusan cuci mencuci beres.
Kelebihan lain alat ini, manusia yang mencuci tidak sakit pinggang, tidak terlalu lelah. pemakaian air cukup sederhana.

Giradora dibuat oleh 3 orang mahasiswa Alex Cabunoc (Product Design Major di Art Center College of Design), Ji A You (Environmental Design Major di Art Center College of Design), dan Jonathan Beckhardt (MBA Candidate at the Marshall School of Business dari Universitas Southern California).

Ketiganya prihatin dengan kondisi pemukiman kumuh di Peru dan persoalan air bersih yang membebani urusan rumah tangga sehari hari disana. Lantas dimulailah proyek mendesain mesin cuci ini agar memudahkan hidup penduduk disana.

Prinsip kerja mesin laundri Giradora sederhana saja. Dia merupakan tong plastik keras dengan ukuran medium, lalu dipasangkan pedal injakan kaki agar bisa memompa tabung ruang didalam tong plastik ini agar berputar ‘spinning” tanpa henti bak mesin cuci listrik pada umumnya.

Pakaian yang ada didalam tong plastik akan terus berputar mengikuti hentakan pedal yang ditekan puluhan kali oleh pemakainya yang cukup hanya duduk diatas Giradora. Dengan memakai Giradora bahkan ibu ibu disana juga bisa membuka jasa laundri dan mendapatkan uang tambahan buat keluarganya (Hsg/ Giradora)