Fahri Hamzah Berharap Pertemuan IMF-WB Berdampak Nyata untuk Lombok

oleh
Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah. (Ist)
banner 300250

Jakarta, suarabali.com – Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menaruh harapan besar terhadap manfaat gelaran IMF-World Bank Annual Meeting di Bali. Dia berharap kegiatan internasional itu memberikan dampak nyata bagi masyarakat, terutama bagi para korban terdampak gempa di Lombok.

“Efek langsung kepada masyarakat yang kena bencana. Khususnya dalam hal ini saya ingin titip kepada Lombok,” kata Fahri di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, seperti dikutip dari laman detik.com, Senin (8/10/2018).

Alasannya, lokasi pertemuan IMF-World Bank berdekatan dengan Lombok. Hingga saat ini, menurut Fahri, bantuan dana dari pemerintah belum sepenuhnya diterima korban terdampak bencana. Dia menyebut bantuan dana yang telah disalurkan pemerintah lewat bank-bank belum bisa dicairkan.

“Lombok juga perlu recovery, karena pemerintah sampai hari ini belum membolehkan rakyat yang terima uang untuk dicairkan. Mayoritas itu belum ditransfer, yang baru menerima transfer itu baru 6.000 dari sekitar 200-an ribu,” sebut Fahri.

“Jadi kalau bisa pertemuan IMF itu juga termobilisir ke Lombok dan kemudian membuat kehidupan masyarakat menjadi lebih normal,” lanjut anggota DPR Dapil NTB itu.

Selain itu, Fahri meminta pemerintah bisa menunjukkan sikap berhemat di tengah penyelenggaraan IMF-World Bank. Dia memahami bahwa gelaran ini telah dijadwalkan jauh-jauh hari.

“Paling tidak, begini, kalau memang jadwalnya nggak bisa digeser waktunya, paling tidak ya memang harus menunjukkan, satu, kita bisa berhemat. Itu saya kira harus menjadi komitmen,” ucap Fahri.

IMF-World Bank telah dibuka hari ini di Nusa Dua Bali. Negara peserta pertemuan tahunan itu menginisiasi penggalangan dana untuk bencana alam di Indonesia, termasuk yang menimpa Lombok.

“Penggalangan dana ini murni berasal dari negara peserta. Jadi satu cup kopi yang diminum oleh delegasi, akan dijadikan sumbangan ke Lombok dan Palu,” ungkap Kepala UKPTI Bank Indonesia Peter Jacobs. (*)