Empat Anggota Humas Polda Bali Ikuti Basic Remote Pilot Course FASI

oleh
Basic Remote Pilot Course FASI di Istana Taman Jepun, Jalan Hayam Wuruk, Tanjung Bungkak, Denpasar pada 23-24 Maret 2019. (Ist)
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol. Hengky Widjaja mengutus empat anggotanya untuk mengikuti Basic Remote Pilot Course FASI di Istana Taman Jepun, Jalan Hayam Wuruk, No.104 H, Tanjung Bungkak, Denpasar pada 23-24 Maret 2019. Selain untuk regenerasi, kegiatan ini juga untuk meningkatkan kemampuan anggota yang bertugas sebagai Pilot Drone Bidang Humas Polda Bali.

Sertifikasi tersebut dadakan oleh Komunitas Aerial Drone & Racing (KALONG) Regional Bali bekerja sama dengan Federasi Aero Sport Indonesia (FASI).

Dengan adanya sertifikasi ini, Kalong Bali sebagai komunitas para pecinta pesawat tanpa awak (drone) yang diketuai I Putu Agus Eka Putra sebagai salah satu Remote Pilot License yang ada di Bali, secara resmi dikukuhkan dan ikut dalam keanggotaan FASI Prov Aeromodelling Bali.

Dengan mendatangkan pemateri yang sudah ahli dibidangnya, diantaranya:

Sesdispotdirga TNI AU Kolonel Pnb. R. Agung Sasongkojati diundang sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut. Agung yang juga menjabat Wasekjen FASI menekankan masalah aturan dasar di dunia penerbangan, termasuk tentang wilayah aman untuk menerbangkan pesawat, sehingga tidak melanggar aturan hukum udara yang berlaku.

“Tidak hanya wilayah darat yang memiliki aturan, wilayah udara juga memiliki aturan. Namanya KKOP (Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan) dimana pesawat seperti drone dilarang terbang di wilayah tersebut. Namun, masih ada alternatif lain bagi para pecinta drone, di antaranya rekreasi hobi dan komersial dengan meminta izin ke Lanud setempat, sehingga bisa dibuatkan NOTAM (Notice to Airmen),” paparnya.

Tak hanya itu, seorang YouTuber & Content Creator terkenal seperti Arya Dega pun ikut mengisi materi pada acara tersebut. “Saya selaku YouTuber yang khusus membuat content mengenai drone senang bisa berbagi pengalaman kepada para peserta sertifikasi,” ungkap Arya Dega.

Selain itu, empat anggota Bidang Humas Polda Bali bersama pecinta drone yang mengikuti sertifikasi juga senang mendapat tambahan pengetahuan mengenai dunia penerbangan yang sesungguhnya. (*)