DPRD Bahas Raperda Penguatan dan Pemajuan Kebudayaan Bali

oleh
Komisi III dan Komisi IV DPRD Provinsi Bali membahas Raperda Penguatan dan Pemajuan Kebudayaan Bali di ruangan Bapemperda Kantor DPRD Provinsi Bali, Senin (9/3/2020). (Ist)
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Gabungan Komisi III dan Komisi IV DPRD Provinsi Bali menggelar rapat pembahasan Raperda Penguatan dan Pemajuan Kebudayaan Bali di ruangan Bapemperda Kantor DPRD Provinsi Bali, Senin (9/3/2020). Rapat ini dipimpin oleh I Ketut Suryadi dan dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali dan undangan lainnya.


Perda Penguatan dan Pemajuan Kebudayaan Bali tersebut merupakan produk hukum yang ingin menghadirkan pemerintah dalam hal penguatan dan pemajuan kebudayaan Bali.

Seperti diberitakan bali.tribunnews.com, Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Provinsi Bali I Wayan “Kun” Adnyana mengatakan Perda Penguatan dan Pemajuan Kebudayaan Bali ini akan lebih memihak para seniman.

Kegiatan-kegiatan yang selama ini digagas dan sudah berjalan seperti Pesta Kesenian Bali (PKB), Festival Seni Bali Jani, dan tambahan Pekan Tradisi Bali yang mencakup kegiatan permainan tradisional, olahraga tradisional, teknologi tradisional, dan pengetahuan tradisional dibuat dan dicantumkan ke Raperda ini.

“Jadi, selama ini belum ada payung hukum dari kegiatan-kegiatan tersebut, kecuali PKB. Sehingga, dengan masuk Perda jadi akan terselenggara secara konsisten setiap tahun dan menjadi agenda rutin pemerintah kabupaten/kota di seluruh Bali,” ungkapnya, Selasa (3/3/2020).

Terkait peningkatan kesejahteraan seniman nantinya, Kun Adnyana memaparkan, di samping terlaksananya kegiatan budaya secara rutin, kedepannya juga ditambah dengan adanya penghargaan seni yang bersifat substansif.

Jadi, tidak hanya berupa materi, tetapi juga memungkinkan berupa asuransi kesehatan atau beasiswa pendidikan, baik itu bagi peraih penghargaan atau keluarga yang bersangkutan.

“Kalau dulu kan ada penghargaan tapi minim, sekarang sudah banyak, jadi bisa dikatakan lebih berpihak kepada seniman,” ujarnya. (*)