DPR Dorong Indonesia Raih 10 Besar Dunia Penerimaan Devisa Pariwisata

oleh
Ilustrasi. (Ist)
banner 300250

Jakarta, suarabali.com – Wakil Ketua Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra mendorong sektor pariwisata agar mampu berkontribusi besar terhadap penerimaan devisa dan mengendalikan defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD). Bahkan, dia mendorong bisa meraih 10 besar dunia dalam penerimaan devisa negara.

Menurut Sutan, hal itu berhasil dibuktikan oleh Thailand. Sesama anggota ASEAN, dan tentunya Indonesia berupaya untuk mengejar agar devisa pariwisata meningkat. Salah satu upaya untuk mewujudkan ini dengan pola Percepatan Pembangunan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas.

“Selama ini transaksi berjalan Thailand berada dalam kondisi yang sangat stabil, bahkan tidak pernah mengalami defisit, karena ditunjang sektor pariwisata. Ekonomi Thailand bagus karena didorong oleh sektor pariwisata yang berhasil menarik kunjungan wisatawan mancanegara hingga 30 juta per tahun,” kata Sutan seperti diberitakan dpr.go.id, Selasa (6/11/2018).

Legislator Partai Gerindra itu menuturkan, sektor pariwisata juga mampu membawa lebih banyak devisa dan aliran dana masuk ke negara tersebut dalam bentuk investasi. Devisa ini dinilai mampu tinggal lebih lama di dalam negerinya ketimbang masuk melalui pasar modal.

“Belajar dari Thailand, kita ingin pariwisata menjadi penghasil devisa utama, baik yang dibawa wisatawan dan juga ada foreign direct investment. Sehingga, devisanya stabil tetap di dalam, tidak keluar lagi dibanding masuk lewat pasar modal,” harap legislator dapil Jambi itu. (*)