Dishub Kota Denpasar Siagakan Pos Komando Mudik Lebaran

oleh
Terminal Ubung Denpasar. (Ist)
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Denpasar membentuk tim koordinasi dan tim posko terpadu untuk peningkatan pelayanan, pengawasan, dan pengendalian angkutan Lebaran tahun 2018. Tim ini dibentuk demi kelancaran dan kenyamanan arus mudik Lebaran tahun 2018.

Plt. Kadis Perhubungan Kota Denpasar I Wayan Lemesnawa mengatakan Pemkot Denpasar siap menyukseskan pelaksanaan mudik Lebaran, baik arus mudik maupun arus balik. Pada Lebaran tahun ini, pihaknya membentuk 1 Pos Terpadu dan 1 Pos Komando yang dilengkapi tim koordinasi dari berbagai instansi terkait.

“Jadi, secara umum Pemkot Denpasar siap menyukseskan pelaksanaan mudik Lebaran tahun 2018,” katanya, Senin (4/6/2018)

Dia menjelaskan, Pos Pantau berlokasi di perempatan Jalan Gunung Galunggung. Sedangkan Pos Komando nantinya berlokasi di Terminal Ubung. Kedua pos akan dilengkapi Tim Koordinasi. Dinas Perhubungan Kota Denpasar akan menyiagakan 140 personilnya.

Pos Komando efektif beroperasi sejak tujuh sebelum Lebaran (H-7) sampai tujuh hari setelah Lebaran (H+7) atau tanggal 8 hingga 23 Juni 2018. “Nantinya akan didahului dengan pelaksanaan gelar pasukan,” katanya.

Terkait kesiapan Terminal Ubung, Dishub Kota Denpasar telah menyiapkan jadwal keberangkatan, jadwal kedatangan, ruang tunggu, tempat parkir, media informasi, loket, serta penunjang lainya seperti toilet, kios, ruang asi, dan ruang merokok. Selain itu, juga dilakukan pemantauan kelancaran arus mudik melalui Area Traffic Control System (ATCS).

“Untuk di Terminal Ubung saat ini kita hanya memberangkatkan penumpang hingga Terminal Mengwi dengan angkutan AKDP. Namun, tak menutup kemungkinan jika jumlah angkutan di Terminal Mengwi membludak, Terminal Ubung juga dapat menerima bus AKAP,” paparnya.

Lemesnawa mengimbau masyarakat yang hendak mudik bareng atau mudik gratis yang mengambil titik di Kota Denpasar agar berkoordinasi dengan Dishub Kota Denpasar. Tujuannya, untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada peserta mudik.

“Nanti baik moda transportasi umum maupun yang bersifat pribadi, dalam hal ini penyelenggara mudik gratis, agar melakukan koordinasi bersama Dishub Kota Denpasar. Sebab, semua kendaraan peserta mudik akan dilaksanakan ramp check,” ungkapnya. (*/Sir)