Dikunjungi Mapparessa, Kapolda Bali Terima Buku ‘Terorisme’

oleh
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Brigjen Pol. (Purn) Dr. Achmad Aflus Mapparessa bertemu Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus R. Golose di Mapolda, Selasa (12/2/2019).

Bali dalam rangka silaturahmi.

Dalam pertemuan itu, Achmad Aflus Mapparessa mengapresiasi kinerja Polda Bali dalam menjaga keamanan di Pulau Dewata di bawah komando Irjen Pol. Petrus R. Golose.

Pada kesempatan itu, Achmad Aflus Mapparessa juga memberikan buku hasil karyanya yang berjudul “Jalur Psikologi Teroris dalam Mengungkap Misteri Pelaku Bom Bunuh Diri”.

Dia mengatakan, pemilihan tema terorisme karena kekhawatiran yang mendalam atas peristiwa teror bom bunuh diri yang terjadi di Indonesia sejak Bom Bali Satu tahun 2002 hingga aksi teror di Sarinah, Jalan Thamrin, Jakarta Pusat.

Selain itu, buku itu juga berisi tentang bom bunuh diri, latar belakang pelaku, predisposisi psikologis dan faktor pendorong, rekrutmen, indoktrinasi, dan moral disengagement.

Menanggapi buku tersebut, Irjen Pol. Dr. Petrus R. Golose sangat mengapresiasi karya ilmiah yang telah disusun dengan menampilkan aspek psikologi dari pelaku bom bunuh diri, dimulai sejak tahapan rekrutmen, indoktrinasi, hingga terjun sebagai aktor aksi teror.

“Saya ucapkan terima kasih atas gagasannya dan pemikirannya. Saya yakin, kajian yang disajikan dalam buku ini dapat menjadi sumber informasi yang menarik bagi masyarakat umum. Tidak hanya untuk memperkaya wawasan, tetapi juga untuk memperkuat tangkal dan daya cegah terhadap bahaya radikalisme serta terorisme,” kata Kapolda Bali.

Jenderal bintang dua ini berharap buku itu bisa menjadi referensi bagi semua strata pendidikan guna mencegah terorisme yang sangat membahayakan kelangsungan hidup NKRI.

Kapolda juga menilai  buku tersebut dapat memberikan manfaat besar dalam pemeliharaan keamanan dalam negeri, khususnya aspek penanggulangan terorisme.

Diakhir pertemuan, Golose menyampaikan bahwa dalam waktu dekat, pihaknya juga akan melaunching buku selama kepemimpinanya di Polda Bali. (*)