Di Jepang, Pelanggan Kafe Dilayani Robot Barista

oleh
Robot barista ini melayani pelanggan kafe di Jepang. (Ist)
banner 300250

Jepang, suarabali.com – Teknologi robot makin berkembang pesat di Jepang. Baru-baru ini, misalnya, ada kafe baru di Jepang yang mempekerjakan robot sebagai pelayan. Di kafe ini, pelanggan dapat menikmati kopi yang diseduh dan dilayani oleh robot barista. Canggih.

Dikutip dari laman popularmechanics.com, robot yang bekerja sebagai pelayan ini memindai tiket yang dibeli pelanggan dari mesin penjual otomatis.

Lalu, robot bernama Sawyer ini menyapa pelanggannya. “Maukah Anda minum kopi nikmat?” tanya robot barista ini dengan layar yang menunjukkan sepasang mata kartun.

“Saya bisa membuatnya lebih baik dari buatan manusia yang ada di sini,” tutur robot barista ini dengan nada datar.

Lalu, robot ini menggiling biji kopi, mengisi saringan, dan menuangkan air panas ke dalam cangkir yang terbuat dari bahan kertas. Hanya butuh waktu beberapa menit, secangkir kopi pun sudah siap diseruput pelanggan. Harganya, 320 yen atau 3 dolar AS per cangkir.

Robot ini juga bisa mengoperasikan mesin otomatis untuk membuat enam minuman panas lainnya, termasuk cappuccino, hot chocolate, dan green tea latte.

Mayoritas pelanggan kafe yang dilayani robot ini berasal dari kalangan anak muda. Sambil memesan minuman, para pelanggan biasanya ber-swafoto bersama robot ini dengan menggunakan kemera handphone.

Masataka Tamaki, general manager kafe di bawah perusahaan H.I.S. Co, mengatakan robot bisa meningkatkan produktivitas sekaligus menghibur pelanggan. “Poin pentingnya adalah meningkatkan produktivitas,” katanya.

Menurut Masataka Tamaki, pihaknya hanya butuh satu orang untuk mengawasi kafe robot tersebut. Tentunya, jumlah karyawan orang ini jauh berbeda dibanding kafe-kafe pada umumnya. Walau menggunakan robot barista, tetapi sajian kopinya sangat berkualitas dengan harga yang pantas.

Masataka Tamaki mengatakan penggunaan robot ini tak sekadar tentang efisiensi. “Kami ingin robot menjamu pelanggan, sehingga tidak seperti membeli kopi di mesin penjual otomatis,” tuturnya.

Takeshi Yamamoto, seorang karyawan restoran berusia 68 tahun yang bekerja di dekat kafe tersebut,  mengatakan menikmati kopi di kafe robot itu merupakan pengalaman pertama baginya. “Saya merasa senang dilayani robot. Kopi buatan robotnya juga nikmat,” ungkapnya.

“Anda bisa mendapatkan kopi buatan mesin di toko serba-ada dan itu benar-benar bagus. Tapi, di sini, saya sangat senang,” imbuh Yamamoto. (Sir)