Di Badung, Obor Asian Games 2018 Sempat Dibawa Berselancar

oleh
Api obor Asian Games 2018 sempat dibawa berselancar oleh Hamis Daud di Pantai Kuta, Badung, Bali, Senin (23/7/2018). (Ist)
banner 300250

Badung, suarabali.com – Pawai api obor atau torch relay Asian Games 2018 disembut meriah di Kabupaten Badung, Senin (23/7) sekitar pukul 15.45 WITA. Api obor yang dibawa oleh Menko PMK Puan Maharani tiba di Pantai Kuta. Uniknya, obor itu sempat dibawa berselancar oleh Hamish Daud.

Setelah itu,  obor Asian Games 2018 itu diserahkan ke Gubernur Bali Made Mangku Pastika untuk menyalakan mini kaldron di depan panggung Asian Games 2018 di Pantai Kuta. Dalam kesempatan itu, hadir pula Gubernur Bali terpilih Wayan Koster dan Wakil Gubernur terpilih Cok Ace, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa, serta jajaran OPD Pemprov Bali dan Kabupaten Badung.

Gubernur Bali Made Mangku Pastika menyatakan selamat datang kepada Menteri Puan Maharani di Pantai Kuta. Pastika berharap Indonesia bisa meraih prestasi gemilang dalam Asian Games kali ini. “Semoga para atlet kita dapat berjuang sebaik-baiknya di Asian Games, membawa api semangat untuk kejayaan bangsa dan negara,” ungkapnya.

Menteri Puan Maharani dalam sambutannya mengatakan sebelumnya api dari India. Sementara api dari Indonesia diambil dari api abadi atau Mrapen di Gerobogan, Jawa Tengah. Ada 54 kota yang dikunjungi torch relay yang bertujuan menyosialisasikan Asian Games yang dilaksanakan di Indonesia, 18 Agustus 2018.

“Setelah di sini akan melewati 44 kota lagi. Di setiap tempat kami upayakan bisa mempromosikan daerah, pariwisata, dan UKM setempat,” katanya.

Selain itu, Puan berharap Bali sebagai destinasi pariwisata yang paling besar di Indonesia dikunjungi oleh para kontingen dan official Asian Games. “Saat ini sudah ada  16.000 yang datang. Semoga sebagian besar bisa mengunjungi Bali,” katanya.

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta juga menyambut bangga kedatangan Torch Relay Asian Games 2018. Pihaknya berharap para atlet Indonesia nantinya bisa berlaga secara maksimal. Dia mengakui sejauh ini pihaknya sangat berkomitmen terhadap dunia olahraga di Badung. “Kami sudah programkan sejak dini, SD, dan SMP,” ungkapnya.

Di samping itu, dia juga mengatakan dengan adanya Asian Games, maka Bali, khususnya Badung, akan menjadi salah satu destinasi yang dikunjungi. Hal ini tentu membawa dampak bagus bagi perekonomian masyarakat di bidang pariwisata.

“Dengan kunjungan sehari atau dua hari di Kabupaten Badung, maka PAD akan meningkat. Hal ini juga tentunya sejalan dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat Badung,” ujarnya.

Usai kegiatan di Pantai Kuta, api obor Asian Games 2018 selanjutnya diserahkan kembali kepada Hamish Daud oleh Menteri Puan Maharani untuk dibawa ke Tanah Lot, Kabupaten Tabanan. Sebelumnya, api dibawa dari Gilimanuk melewati Kabupaten Jembrana. (*)