Desa Bangbang Dikukuhkan sebagai Desa Konstitusi

oleh
Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman menandatangani prasasti tanda pengukuhan Desa Bangbang sebagai Desa Konstitusi. (Ist)
banner 300250

Bangli, suarabali.com – Desa Bangbang, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli dikukuhkan sebagai Desa Konstitusi. Pengukuhan ini ditandai penyerahan piagam kepada Kepala Desa Bangbang dan penandatanganan prasasti oleh Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman,  Rabu (28/11/2018).

Dalam sambutannya,. Anwar Usman  mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya acara ini. Untuk tahun 2018, pihaknya memilih dan memberikan penganugerahan kepada Desa Bangbang sebagai Desa Konstitusi.

Menurut dia,  penganugerahan Desa Konstitusi merupakan bagian untuk membangun konstitusi dari perangkat terkecil demi tegaknya konstitusi dalam menjaga nilai-nilai Pancasila.

“Konstitusi perlu dijaga dalam kehidupan masyarakat dan saya mengucapkan selamat kepada Desa Bangbang sebagai Desa Konstitusi. Hal ini dapat bermanfaat bagi tegaknya konstitusi di negara kita,” kata Ketua MK.

Dia menjelaskan, nilai-nilai konstitusi harus didasari dengan nilai kearifan lokal sebagai bentuk dari penjabaran nilai-nilai Pancasila dan menjadi fundamental negara. Semua proses hukum yang dibuat untuk menegakkan Pancasila dan tegaknya konstitusi.

“Untuk itu, konstitusi harus diketahui, dimaknai dan dilaksanakan,” tegasnya.

Acara yang digelar di Balai Masyarakat Desa Bangbang itu juga dihadiri Sekjen Mahkamah Konstitusi M. Guntur Hamzah, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, Wakapolda Bali Brigjen Pol. I Wayan Sunartha, Kapolres Bangli AKBP Agus Triwaluyo, dan Bupati Bangli I Made Gianyar. (*)