Cucu Donald Trump Memakai Bahasa Mandarin, Membuat Netizen Jatuh Cinta

oleh
banner 300250

Cina, suarabali.com – Sementara liputan media pertemuan Donald Trump dengan pemimpin Cina Xi Jinping Kamis (9/11) berfokus pada perdagangan dan krisis nuklir Korea Utara, ada hal lain menyita perhatian dari cucu Donald Trump yang mencuri hati para netizen Cina.

Dalam sebuah video yang menunjukkan bahwa Trump memperlihatkan kepada Xi saat mereka berjalan-jalan melewati Kota Terlarang yang bersejarah pada hari Rabu, cucunya, Arabella Kushner, menyapa pemimpin nomer satu Cina ini dengan sebutan “Grandpa Xi dan Nenek Peng (Liyuan)” dengan beberapa lagu balada Mandarin dan sebuah pembacaan puisi Cina kuno.

Arabella Kushner adalah anak dari Ivanka Trump. Simungil manis ini memang belajar bahasa Mandarin.

Kantor berita Cina Xinhua, yang menyebarkan klip tersebut secara luas di media sosial, melaporkan bahwa Xi mengatakan bahwa keterampilan bahasa Mandarin gadis enam tahun cucu Trump itu pantas mendapat nilai “A +”.

Masyarakat Cina langsung jatuh cinta sama anak kecil itu, menurut juru bicara kementerian luar negeri Cina Hua Chunying.

Tidak pelak lagi, media menyebutkan Arabella Kushner sebagai kartu terbaik ditangan Trump untuk merebut hati Xi Jinping dan istrinya, sekaligus membuat publik Cina meleleh.

“Sebagai duta kecil persahabatan Cina-Amerika, Arabella telah menerima cinta dari sejumlah besar orang Cina,” kata Hua dalam sebuah konferensi pers reguler pada hari Kamis.

“Pengaturan khusus semacam ini sebenarnya sangat manis dan hangat. Kami percaya bahwa ini telah membantu untuk lebih mendekatkan kasih sayang dan jarak antara orang-orang Cina dan Amerika.”

Arabella juga memainkan peran utama dalam acara makan malam negara yang diselenggarakan oleh Xi kepada Trump di Aula Besar Rakyat pada hari Kamis malam.

“Anak-anak kita sering mengingatkan kita akan kemanusiaan bersama dan martabat sejati kita,” kata Trump.

Weibo, platform Twitter di Cina, dipenuhi dengan pujian atas penampilan Arabella pada hari Kamis, meskipun tidak jelas berapa banyak komentar terkait kunjungan Trump telah disensor.

“Dia terlalu imut!” pengguna menyembur. “Mari berharap dia menikah dengan keluarga Tionghoa.”

Yang lain menjelaskan fakta bahwa tampaknya tidak ada yang bisa menghindari tugas berat untuk menghafal puisi Cina kuno – bahkan cucu presiden AS pun tidak.

Ini bukan pertama kalinya Arabella berperan dalam diplomasi Sino-Amerika.

Ketika Xi mengunjungi resor Trump’s Mar-a-Lago Florida pada bulan April, Arabella membacakan untuk Xi “Three Character Classic”, sebuah teks yang dihormati dari Dinasti Song yang juga termasuk dalam klip terakhirnya.

Ivanka Trump, ibu Arabella dan seorang penasihat Gedung Putih, mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa anak-anaknya memiliki pengasuh Cina yang mengajari mereka bahasa Mandarin.

Ivanka Trump sering membuat video Arabella atau bernyanyi dalam bahasa Cina ke akun media sosialnya, dan dia membawa putrinya ke acara Tahun Baru Imlek yang diselenggarakan oleh kedutaan besar Cina di Washington. (Hsg)