Cuaca Cerah, Gunung Agung Masih Berstatus Awas

oleh
Gunung Agung masih berpotensi muntahkan lahar dingin. (Foto: Len)
banner 300250

Karangasem, suarabali. com – Kondisi cuaca di wilayah Karangasem, termasuk di sekitar Gunung Agung, pada Rabu (6/12/2017) terlihat cerah. Suhu udara di wilayah ini berkisar 26 – 28 derajat Celcius. Namun, Gunung Agung terlihat jelas dari pos pantau di Desa Rendang, Karangasem.

Hingga saat ini, status Gunung Agung masih level IV atau awas. Asap berwarna putih keabu-abuan masih terlihat mengepul dengan ketinggian 1.000 sampai 2.000 meter di atas puncak kawah gunung berapi itu. Asap yang dominan uap air itu bergerak ke arah timur dan tenggara.

“Aktivitas Gunung Agung saat ini masih berstatus awas. Rekomendasi daerah berbahaya pun belum berubah, yakni radius delapan hingga 10 kilometer sektoral barat daya, selatan, timur, dan tenggara,” kata Gede Suantika, Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api PVMBG, Rabu (6/12/2017).

Hingga saat ini, menurut dia, erupsi yang bersifat efusi masih terus berlangsung. Kawah Gunung Agung masih terisi lava hingga sepertiga dari volume kawah.

“Lava masih mengali ke bantaran sungai. Areal di sekitar puncak Gunung Agung masih dipenuhi abu vulkanik,” katanya. (Len/Sir)