Cok Ace Puji Prestasi yang Ditorehkan STPBI

oleh
Wakil Gubernur Bali Cokorda Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) menerima kunjungan rombongan dari STPBI di ruang kerja Wagub Bali, Jumat (28/9/2018). (Ist)
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional (STPBI)  berhasil meraih juara I untuk katagori English Presentation Contest di ajang kompetisi MICE Destination Marketing Contest yang diadakan di Taipei, Taiwan pada 19 – 21 September 2018.

Torehan prestasi itu disampaikan Kepala Yayasan Dharma Widya Ulangun STPBI Nyoman Gede Astina saat beraudensi dengan Wakil Gubernur Bali Cokorda Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) di ruang kerja Wagub Bali, Jumat (28/9/2018).

Gede Astina menjelaskan acara yang rutin diadakan setiap tahun itu diikuti oleh mahasiswa dari 19 negara perwakilan hampir dari seluruh dunia, di antaranya dari Singapura, Malaysia, Thailand, Jepang, Cina, Australia, India, Taiwan, dan Jerman. Tim Indonesia juga berhasil meraih penghargaan  “Honorary Mention Booth Marketing Presentation Award”.

Pimpinan Rombongan Tim Indonesia  I Putu Gede Wiwin Gunawasika mengatakan keikutsertaan Tim Indonesia di ajang kompetisi tingkat internasional itu memberikan manfaat yang sangat luas untuk kemajuan MICE di Indonesia, khususnya di Bali.

Ada generasi muda calon pemain  MICE yang siap berkompetisi di pasar global nantinya. “Ada calon-calon generasi muda yang siap jadi pemain MICE di pasar global nanti. Para peserta dapat memperoleh manfaat dari pertukaran lintas negara dan mendapatkan banyak pengalaman praktis,” ujarnya seraya menjelaskan STPBI mengangkat tagline ‘Bali Touch Your Soul’.

Tim Indonesia terdiri dari  Agung Mandala Putra, Georgius Roysandi Yogatama, Ni Putu Eka Juliantari, Ni Made Meiyanti Lestari, dan Putu Gede Wiwin Gunawasika yang juga Ketua DPD Asperapi Bali.

Para peserta harus mengusulkan rencana dan strategi pemasaran destinasi MICE dan memamerkan ide tersebut di stan pameran yang sebenarnya. Para peserta didorong untuk menggunakan pengetahuan, keterampilan, dan kreativitas industri MICE untuk memasarkan kota mereka.

Mendapat laporan tersebut, Wagub Cokorda Artha Ardhana Sukawati mengaku bangga serta mengapresiasi dan mengajak para peserta kontes untuk ikut membangun pariwisata Bali melalui prestasi yang dimiliki.

“Jika menang, berhasil meraih penghargaan, tentu banyak tawaran untuk bekerja dengan imbalan yang menggiurkan. Tapi, kalau bisa saya harap jangan kemana-mana, mari bersama-sama bangun Bali, terutama sektor pariwisata sesuai jenjang pendidikan kalian,” ujar Wagub yang akrab disapa Cok Ace ini.

Terkait pariwisata di Bali, Cok Ace mengaku akan merancang penataan sektor pariwisata di Bali yang mengedepankan keunggulan masing-masing daerah, sehingga pengembangan daerah tujuan wisata tidak terkesan dipaksakan karena objeknya tidak mendukung.

“Kedepan pengembangan wisata Bali bisa disesuaikan dengan keunggulan yang dimiliki, seperti Bali timur dengan wisata alam, Bali utara dengan wisata konservasi, Bali tengah dengan wisata seni dan sebagainya. Sehingga lebih tertata, dan setiap daerah pun bisa maju secara merata,” ujarnya. (*)