Cok Ace Ajak Semua Umat Tingkatkan Kerukunan di Bali

oleh
Acara buka puasa bersama dengan tokoh agama di Wantilan Kertha Sabha, Rumah Jabatan Gubernur Bali, Denpasar, Rabu (29/5/2019). (Ist)
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Sebagai bentuk toleransi antar umat beragama serta rasa syukur atas suksesnya penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2019, Gubernur Bali mengadakan acara buka puasa bersama dengan tokoh agama di Wantilan Kertha Sabha, Rumah Jabatan Gubernur Bali, Denpasar, Rabu (29/5/2019).

Gubernur Bali dalam sambutan yang disampaikan Wakil Gubernur Bali Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) mengatakan Bali merupakan provinsi yang sangat heterogen, terdiri dari berbagai komponen masyarakat, baik dari sisi agama maupun asal golongannya. Namun, masyarakatnya bisa hidup rukun dan damai saling berdampingan.

“Kerukunan adalah sebuah hal yang sangat baik untuk memelihara keberagaman di Bali. Seluruh komponen masyarakat Bali lintas agama dan etnis harus bersatu membangun Bali kedepan, sehingga toleransi bisa terus terajut dengan baik. Saya mengajak semua umat, khususnya di Bali, untuk terus meningkatkan kerukunan beragama agar Bali tetap aman dan kondusif hidup saling berdampingan,” ujar Cok Ace.

Pada kesempatan tersebut, Cok Ace juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut serta menyukseskan jalannya pesta demokrasi Pemilu Tahun 2019, khususnya di Bali. Menurut Cok Ace, hingga saat ini kondisi keamanan dan ketenteraman di Bali cukup terkendali.

“Hal ini tidak terlepas dari partisipasi dan komitmen masyarakat Bali, termasuk saudara-saudara umat muslim yang ada di Bali untuk bersama-sama menjaga Bali yang kita cintai ini,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Bali Ida Penglingsir Agung Putra Sukahet. Menurut dia, kerukunan umat beragama di Bali selama ini telah berjalan dengan baik.

Meski demikian, dia terus mengajak semua umat untuk menjaga kerukunan yang selama ini telah terjalin dengan baik. Menurut Sukahet, semua umat harus merasa gembira saat umat lain merayakan hari sucinya.

Hadir pula pada kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra, Wakapolda Bali, Kajati Bali, Kepala Pengadilan Tinggi Bali, Wakil Kepala Pengadilan Tinggi Bali, Kepala Staf Daerah Militer (Kasdam) IX/Udayana, Danrem 163/Wirasatya, Ketua KPU Provinsi Bali, Ketua Bawaslu Provinsi Bali, MUI Provinsi Bali, Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin) Provinsi Bali serta awak media. (*)