Cegah COVID-19, Pemkab Gianyar Semprot Disinfektan di Tempat Umum

oleh
Penyemprotan disinfektan di ruas jalan protokol dan ruko pinggir jalan di seputaran Ubud dan seputaran Pasar Sukawati, Gianyar. (Ist)
banner 300250

Gianyar, suarabali.com – Pemerintah Kabupaten Gianyar gencar melakukan penyemprotan disinfektan di fasilitas-fasilitas umum guna mencegah penyebaran virus Corona atau COVID-19 di wilayah Gianyar. Bahkan, Bupati Gianyar Made Mahayastra langsung turun tangan memimpin penyemprotan ini.


Seperti terlihat pada Minggu (22/3/2020), Bupati Gianyar Made Mahayastra memimpin sendiri penyemprotan disinfektan di ruas jalan protokol dan ruko pinggir jalan di seputaran Ubud dan seputaran Pasar Sukawati.

Sejak pekan lalu, penyemprotan disinfektan terus dilakukan di wilayah Kabupaten Gianyar. Beberapa desa, berbagai instansi, dan pihak swasta bersatu-padu melakukan penyemprotan secara mandiri.

Penyemprotan dimulai dari perempatan Catus Pata Ubud menuju Patung Arjuna Peliatan mengarah ke Banjar Kalah menuju Pertamina Pengosekan, dan kembali melewati Objek Wisata Monkey Forest.

Penyemprotan dilakukan menggunakan mobil khusus dekontaminasi biologis dan kimia dari Yonzipur 1818/YKR, dimana kecanggihannya mampu mencampur sendiri bahan kimia yang digunakan dan bisa mengeluarkan air panas atau dingin sesuai kebutuhan penyemprotan.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Mahastra mengatakan pemerintah pasti Hadir di tengah masyarakat untuk memberikan pembinaan, sosialisasi hal-hal yang akan dilakukan pemerintah, selain melakukan berbagai aksi penanggulangan COVID-19 seperti penyempotan dan perlindungan pada tenaga kesehatan.

“Ini artinya pemerintah telah hadir di tengah masyarakat.  Selain kita melakukan pembinaan sosialisasi hal-hal yang mau dilakukan, kita juga telah melakukan aksi-aksi penanggulangan,” kata Mahayastra.

Hari ini (23/3/2020) Mahayastra membagikan disinfektan ke desa-desa untuk dibagikan kepada masyarakat. “Rencana besok (23/3//20202) akan diberikan disinfektan ke semua desa untuk dibagikan kepada masyarakat. Masyarakat melakukan penyemprotan secara mandiri di rumah masing-masing,” tutur Mahayastra.

Sebelumnya, Pemkab Gianyar juga telah melakukan penyemprotan ke los-los pasar di Ubud dan kini menyasar jalan, ruko pinggir jalan, dan trotoar. Kedepan Mahayastra juga akan memasang wastafel untuk cuci tangan di tempat-tempat umum.

Satuan Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 juga telah siap bekerja 24 jam demi penanggulangan Covid-19. (*)