Cegah Berita Hoaks, Pemkab Badung Giatkan Literasi Media

oleh
Asisten Administrasi Umum Setda Badung Cok Raka Darmawan membuka kegiatan Literasi Media Teknologi Informasi di Dinas Komunikasi dan Informatika Puspem Badung, Rabu (13/3/2019). (Ist)
banner 300250

Badung, suarabali.com – Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Bali menggelar acara Literasi Media Teknologi Informasi di Dinas Komunikasi dan Informatika Puspem Badung, Rabu (13/3/2019). Mencegah penyebaran berita hoaks menjadi topik pembahasan dalam kegiatan yang diikuti 100 peserta ini.

Kegiatan yang dibuka Asisten Administrasi Umum Setda Badung Cok Raka Darmawan itu juga dihadiri Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Badung I Wayan Weda Dharmaja dan Sekretaris Diskominfo dan Statistik Provinsi Bali Agus Suryawan.

Dalam acara itu, Agus Suryawan mengatakan penyebaran berita-berita hoaks harus bisa diperkecil. Caranya, memberikan pemahaman kepada masyarakat agar mampu menganalisis berita bohong atau tidak, sehingga terwujud masyarakat yang cerdas.

“Dengan literasi media ini, kita harapkan nantinya masyarakat menjadi cerdas dan dapat membedakan mana bertia hoaks dan mana berita yang benar,” imbuhannya.

Sementara I Wayan Weda Dharmaja mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Pemprov Bali melakukan literasi media terhadap pemahaman berita hoaks yang saat ini makin banyak tersebar.

“Berita harus dipahami benar atau tidak, lihat dari sumbernya. Berita itu harus dianalisis, apakah berfungsi dan berdampak kepada yang lainnya,” kata Weda Dharmaja.

Dia menjelaskan, pihaknya sedang gencar melakukan literasi media, sehingga masyarakat memahami berita yang bermanfaat bagi mereka. “Kegiatan ini akan kami tindaklanjuti dengan sosialisasi ke masing-masing kecamatan, sekolah-sekolah, terutamanya generasi millenial,” ungkapnya. (*)