Cegah Barang Berbahaya Masuk Bali, Dit Polair Periksa Kapal Perintis 1 Maumere

oleh
banner 300250

Buleleng, suarabali.com – Kapal Polisi XI-2011 Tanjung Balangan Dit Polair Polda Bali menghentikan Kapal Perintis 1 Maumere di Pelabuhan Celukan Bawang, Buleleng, Bali, Sabtu (10/2/2018).

Petugas memeriksa isi kapal, termasuk administrasi kelengkapan nakhoda dan ABK. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengantisipasi masuknya kapal-kapal yang  membawa barang berbayaha ke Bali.

Komandan Kapal (KP) XI-2011 Bripka I Wayan Sumadana memeriksa satu per satu ABK asal Maumere ini.

Nakhoda Kapal Perintis 1 Maumere, Sugiyono, mengatakan kapalnya  baru datang dari Pelabuhan Sepeken, Madura, dan akan melanjutkan pelayaran menuju Pelabuhan Carik, Lombok.

Kepada petugas, Sugiyono mengatakan kapalnya akan menurunkan penumpang di Pelabuhan Celukan Bawang dan sisanya akan diturunkan di Pelabuhan Lombok.

“Penumpang yang saya bawa hari ini berjumlah 30 orang dan kami membawa 11 ABK,” kata Sugiyono.

Setelah melakukan pemeriksaan, petugas tidak menemukan benda maupun barang-barang yang berbahaya di dalam kapal tersebut. Administrasi kapal dan nakhoda juga lengkap.

“Hal ini kami lakukan untuk mengantisipasi kapal-kapal Perintis yang hendak membawa barang-barang berbahaya dan mengangkut pelaku-pelaku kejahatan lintas pulau yang ingin masuk ke Bali,” ujar Bripka Wayan Sumadana.

Selain itu, kata dia, petugas juga melakukan pengecekan administrasi terhadap kapal beserta nakhodanya untuk mengantisipasi kapal-kapal yang tidak layak berlayar, tapi masih dioprasikan.

“Untuk menghindari kecelakaan laut, karena kecerobohan pemilik kapal atau nakhoda,” imbuhnya.

Rencananya Kapal Perintis 1 Maumere akan melanjutkan perjalanannya pada sore ini. Selain menurunkan penumpang di Pelabuhan Celukan Bawang  kapal ini juga akan membeli perlengkapan sembako untuk bekal melanjutkan perjalanan. (Sir)