Cara Menyimpanan Makanan Agar Tidak Terbuang Percuma

oleh
banner 300250

Suarabali.com – Data dari PBB untuk Pangan dan Pertanian (FAO) tahun 2014 mengatakan bahwa sekitar 30 persen makanan di seluruh dunia terbuang sia-sia. Di waktu bersamaan, masih ada manusia yang kelaparan karena tidak punya cukup sumber daya untuk makan.

Sekarang hitunglah seksama, dirumah kita tiap hari harus membuang berapa banyak makanan yang tidak termakan atau menjadi basi sia-sia?

Untuk mengatasi agar rumah tidak terlalu sering membuang makanan percuma, maka ada beberapa langkah praktis menata ulang bagaimana manajemen kulkas pendingin dirumah.

1. Gunakan container bening
Waduh plastik bening sangat baik untuk melihat apa saja isi didalam kontainer itu. Jadi mata akan mudah melihat dan mengingatkan kita sisa makanan apa yang masih ada disana. Jika kontainer plastik itu tidak bening, maka makanan itu akan terlupa sampai sekian minggu hingga membusuk.

2. Simpan telur di wadah kedap udara
Telur dari supermarket tidak bisa dibeli satuan karena paling tidak mereka dijual lusinan. Masalahnya, terkadang yang dimasak tidak sebanyak itu dan membuat sisa telur lainnya basi. Untuk mencegahnya, simpan telur di wadah kedap udara sehingga bisa tahan hingga sebulan. Tapi jika telur sudah menyeruakkan aroma tidak sedap, segera buang!

3. Pisahkan buah dan sayuran
Banyak buah yang mengeluarkan gas ethylene yang merupakan senyawa yang memaksa pematangan buah dan bisa merusak kesegaran. Jika buah disimpan bersamaan dengan sayur, maka ia bisa menghancurkan kesegaran si sayur. Ada baiknya memang dipisahkan antara sayuran dan buah. Kulkas yang lebar akan mudah untuk memisahkan ini. Jika tidak ada maka pisahkan dengan kontainer kedap.

4. Periksa suhu kulkas
Anda mungkin mengira kulkas sudah pasti dingin. Tapi terkadang hal ini salah. Daya listrik serta suhu berpengaruh pada suhu kulkas Anda. Selain itu, kulkas di bagian belakang cenderung lebih dingin dibanding bagian depan. Ini karena bagian belakang jauh dari pintu kulkas yang kerap dibuka-tutup.

5. Jangan dicuci lebih dulu
Berbeda dengan keyakinan selama ini, ternyata buah sayur jangan dicuci sebelum masuk ke dalam kulkas. Sebab, air bekas cucian akan menyebabkan kelembapan sehingga mempercepat pembusukkan. Lebih baik cuci buah/sayur sebelum dimakan atau dimasak.