Butuh Penanganan Khusus, Jumlah Lansia di Bali Meningkat

oleh
Ketua Umum BK3S Provinsi Bali Ayu Pastika menyerahkan bantuan kepada para lansia di Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Senin (2/4/2018). (Ist)
banner 300250

Buleleng, suarabali.com – Ketua Umum BK3S Provinsi Bali Ayu Pastika mengatakan usia harapan hidup masyarakat Bali saat ini mencapai rata-rata 72 tahun. Sehingga, para lanjut usia (lansia) di Bali membutuhkan perhatian dan penanganan khusus.

“Masalah yang akan timbul adalah bagaimana mengupayakan agar para lansia yang terus meningkat jumlahnya dapat tetap terjaga kondisinya, baik fisik, mental, dan sosialnya,” kata Ayus Pastika saat menghadiri acara ‘Pembinaan Lansia Berbasis Masyarakat’ di Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Senin (2/4/2018).

Pada umumnya, menurut dia, para lansia sangat rentan terhadap berbagai jenis penyakit serta mental yang relatif kurang stabil. Itu sebabnya, penanganan lansia perlu diupayakan melalui pendekatan holistik dan terpadu, baik oleh pemerintah, masyarakat maupun keluarga, dengan harapan agar lansia tetap hidup dalam keadaan sehat.

“Sebenarnya yang dibutuhkan lansia itu perhatian. Sentuhan sedikit saja, mereka sudah bangkit,” kata istri Gubernur Bali ini.

Pada kesempatan tersebut, Ayu Pastika juga menyerahkan bantuan sepuluh bedah rumah (dua bantuan CSR RS Puri Raharja dan delapan bantuan BK3S Provinsi Bali), paket sembako, pakaian olahraga dan kain endek untuk lansia, tongkat tunanetra, selimut dan kasur sumbangan BPD Bali, serta paket bahan pijat kepada lansia tunanetra.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Sosial Provinsi Bali Nyoman Wenten, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buleleng Gde Komang, Direktur RS Puri Raharja dan Pewakilan BPD Bali.

Selain di Sukasada, pembinaan lansia BK3S Provinsi Bali juga dilakukan di Desa Pangsan, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung. Dalam pembinaan selama satu setengah bulan ini, akan diadakan berbagai kegiatan seperti penyuluhan dari Kanwil Agama, Dinas Sosial dan Komisi Lansia. Di samping itu, akan dilakukan senam lansia setiap Senin dan Jumat serta Pelayanan Kesehatan dari RS Puri Raharja dan RS Bali Mandara. (*/Sir)