Bupati Gianyar Sampaikan Pesan Ini di Acara HUT FK-BPD

oleh
Bupati Gianyar I Made Mahayastra saat menghadiri perayaan ulang tahun ke-2 Forum Komunikasi Badan Permusyawaratan Desa (FK-BPD) di Wantilan Pura Dalem, Desa Sanding, Kecamatan Tampaksiring, Minggu (26/1/2020). (Ist)
banner 300250

Gianyar, suarabali.com – Bupati Gianyar I Made Mahayastra menghadiri perayaan ulang tahun ke-2 Forum Komunikasi Badan Permusyawaratan Desa (FK-BPD) di Wantilan Pura Dalem, Desa Sanding, Kecamatan Tampaksiring, Minggu (26/1/2020).

Dalam kesempatan itu, Bupati Mahayastra mengatakan kehadiran FK-BPD merupakan modal kekuatan solidaritas dan persatuan masyarakat. “Dengan modal kekuatan solidaritas dan persatuan masyarakat sangat tinggi, kekuatan finansial APBD Gianyar cukup tinggi, inovasi program terus berkembang,” katanya.

Dengan bersatunya seluruh komponen yang ada di Gianyar, menurut dia, tentu akan memberikan dampak yang baik  untuk perubahan Gianyar kedepan. Itu sebabnya, Mahayastra berharap kedepan program yang dimiliki desa dapat satu napas dengan program pembangunan Gianyar.

“Komunikasi yang baik antara BPD dengan kepala desa harus terjalin baik, sehingga program yang dicanangkan dapat berjalan dengan baik,” ujarnya.

Mahayastra juga menyinggung peran kepala desa yang  bertugas memberikan pendidikan kepada bendesa yang baru pertama akan membuat program rancangan seperti APBDes. Koordinasi harus berjalan baik, sehingga adat dan dinas dapat bersatu dan berjalan beriringan.

“Objek yang sama orang yang diatur juga sama, namun diatur oleh kepala desa dan bendesa adat. Jadi jangan ego, bersatulah karena jika berseberangan bisa menghancurkan Gianyar” tegas Mahayastra.

Mahayastra juga mengucapkan rasa syukur atas terselenggaranya pemilihan perbekel serentak di 29 desa di Kabupaten Gianyar. “Saya bersyukur kita telah melewati pilkel serentak di Gianyar dengan aman, damai, nyaman, dan menghasilkan putra terbaik Gianyar untuk memimpin dalam upaya memajukan desanya masing-masing,” ungkapnya.

Sementara Ketua FK-BPD Wayan Dirgayusa berharap agar BPD tetap bisa meningkatkan eksistensi, dikenal masyarakat, serta dapat meningkatkan kapasitas diri. Dengan adanya forum FK-BPD, dia berharap antar anggota BPD dapat saling kenal, selain untuk mengetahui kegiatan setiap desa.

“Keberadaan forum ini dapat menjadi wadah saling bertukar pikiran sesama anggota mengenai berbagai masalah maupun upaya-upaya dalam memaksimalkan potensi yang ada di desa,” ungkapnya. (*)