Bulan Bung Karno, Disbud Bali Gelar Pentas Seni Virtual

oleh
Dinas Kebudayaan Provinsi Bali bersama 10 komunitas seni menggelar pentas seni secara virtual, karena pandemi COVID-19. (Ist)
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Dinas Kebudayaan Provinsi Bali bekerja sama dengan 10 komunitas seni tetap menggelar acara ‘Bulan Bung Karno Tahun 2020’. Namun pentas seni ini disajikan secara virtual karena pandemi COVID-19.


Ajang seni budaya yang ditayangkan perdana bertepatan dengan peringatan 50 tahun wafatnya Presiden Republik Indonesia Ir. Soekarno. Dengan memanfaatkan kanal media sosial Youtube, acara yang diprakarsai Disbud Provinsi Bali itu disambut antusias ratusan penonton pada Minggu (21/6/2020).

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Wayan ‘Kun’ Adnyana menyampaikan apresiasi atas partisipasi seluruh komunitas yang terlibat. “Atas nama Pemerintah Provinsi Bali, tentu kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas partisipasinya,” kata Kun Adnyana, Senin (22/6/2020).

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada tim pendukung, antara lain penyair Warih Wisatsana, pekerja seni Kadek Wahyudita, Indra Parusha, Iwan, serta tim kameramen dan editor. Sehingga, pergelaran seni virtual yang dimaksud berjalan lancar.

“Mereka sepenuhnya tampil dengan sukarela dan penuh sukacita untuk merayakan semangat Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia Bung Karno dengan tanpa biaya. Ini kerja gotong-royong kita dalam mengaktualisasikan ajaran Trisakti Bung Karno untuk Menyongsong Bali Era Baru,” paparnya.

Pergelaran seni virtual berdurasi 50 menit yang memadukan pentas teater, musikalisasi puisi, dan  kesenian tadisional dalam teknik sinematografi itu diawali dengan pembacaan puisi “Ode Bagi Bung Karno” oleh penyair Warih Wisatsana diiringi dentingan nada gangsa serta alunan suara kidung.

Berikutnya, Komunitas Mahima berjudul “Nyoman Rai Srimben” dengan pengambilan gambar berlokasi di Bale Agung Buleleng, tempat kelahiran Ida Ayu Nyoman Rai Srimben, Ibunda Bung Karno, dengan puisi dan iringan gitar yang dipadu nyanyian.

Kemudian SLBN 1 Badung menampilkan musikalisasi puisi berjudul “Aku Melihat Indonesia” yang mengambil lokasi di Aula SLBN 1 Badung. (Sir)