BPBD Susun Rencana Evakuasi Pengungsi Jika Status Gunung Agung Naik Kembali

oleh
Pengungsi Gunung Agung (Foto Hsg)
banner 300250

Klungkung, suarabali.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bali (BPBD) saat ini tengah menyusun rencana evakuasi warga wilayah Kawasan Rawan Bencana I dan II. Hal tersebut direncanakan untuk mengantisipasi jika status Gunung Agung naik lagi.

“Kami bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana masih menyusun rencana evakuasi jika sewaktu-waktu status Gunung Agung naik lagi,”kata Kepala BPBD Bali, Made Indra di Klungkung, Senin (30/10).

Rencana kontingensi juga sudah disusun, bersama-sama dengan masyarakat ini.

“Mereka sekarang ini sudah pulang, ketika levelnya naik lagi maka mereka akan dievakuasi lagi. Maka dari itu kami perlu menyusun rencana ini,”ujarnya.

Dalam rencana tersebut pastinya akan disusun dimana warga yang berada di wilayah rawan bencana itu akan dievakuasi kemana. Menggunakan jalur apa dan dibawa kemana serta berapa jumlah armada yang dibutuhkan.

“Jadi itu rencana evakuasi ini akan dibahas lagi. Kami berharap dengan rencana evakuasi ini nanti kalau suatu ketika naik ke level awas lagi maka proses evakuasi diharapkan lebih jauh baik dan tertib”terangnya.

Pihaknya menegaskan, ketika rencana sudah disusun lagi maka akan ditentukan siapa yang memimpin mengevakuasi warga. Dan pastinya siapa yang memberi tahu warga ketika status Gunung Agung naik.

“Ketika hal itu terjadi kita sudah tahu dimana saja warga akan mengungsi. Dan tempat yang dituju pastinya mereka sudah tahu,”pungkasnya. (Dsd)