BNN Gulung Sindikat Pengedar Narkoba di Aceh dan Medan

oleh
Barang bukti narkoba yang disita petugas BNN. (Ist)
banner 300250

Jakarta, suarabali.com – Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Direktorat Jenderal Bea Cukai berhasil menggulung jaringan internasional pengedar narkotika di wilayah Sumatera Utara dan Aceh. Sebanyak sembilan tersangka berhasil diamankan dalam operasi yang berlangsung sejak 20 Januari 2018 hingga 5 Februari 2018 ini.

Deputi Bidang Pemberantasan BNN Irjen Pol Arman Depari mengatakan penangkapan para tersangka pengedar barang haram ini dilakukan secara berkelanjutan di tiga tempat kejadian perkara (TKP), yakni Aceh, Medan, dan kembali ke Aceh.

Irjen Pol Arman Depari menjelaskan, petugas berhasil menangkap tersangka MI dan AF di Jalan Medan-Banda Aceh. Dari tangan tersangka, petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa 7 kilogram narkotika jenis sabhu dan 300 butir ekstasi.

Berbekal hasil pemeriksaan kedua tersangkat, petugas mengembangkan penyelidikan dan berhasil menangkap lima tersangka lainnya, BU, HB, DS, MA, dan AI, di kawasan Batubara, Sumatera Utara. Dari lima tersangka tersebut, petugas menyita barang bukti sebanyak 87,7 kilogram sabhu dan 18 ribu butir ekstasi.

Petugas terus mengembangkan kasus ini dan berhasil menangkap dua tersangka lainnya, SA dan MA, di Lhoksukon, Aceh. Barang bukti yang didapatkan dari kedua tersangka berupa 15,9 kilogram sabhu.

“Total barang bukti yang berhasil disita petugas sebanyak 110 kilogram kg narkotika jenis sabhu dan 18 ribu butir ekstasi,” ungkap Irjen Pol Arman Depari, Rabu (7/2/2018).

Jenderal polisi bintang dua ini mengatakan para tersangka membawa barang haram tersebut dari Malaysia menuju Indonesia dengan menggunakan kapal (boat) melalui jalur laut.

“Mereka melakukan transaksi di koordinat perbatasan antara Indonesia dan Malaysia, kemudian sebagian disembunyikan dengan cara ditanam atau dikubur dalam tanah,” katanya.

Menurut dia, sindikat pengedar narkotika tersebut dikendalikan oleh terpidana mati di LP Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara. (Tjg/Sir)