Biaya Keamanan Melindungi Mark Zuckerberg $ 4,3 juta

oleh
Mark Zuckerberg jogging bersama pengawalnya
banner 300250

 

Amerika, suarabali.com – Melindungi salah satu orang terkaya di dunia bukanlah tugas yang murah. Aapalagi jika itu termasuk tokoh teknologi seperti Mark Zuckerberg.

Facebook pada tahun 2015 membayar hampir $ 4,3 juta untuk layanan perlindungan keamanan langsung yang bertujuan untuk menjaga pendiri FB dan CEO, Mark Zuckerberg, perusahaan tersebut mengatakan dalam sebuah laporan tahunan.

Zuckerberg, seorang miliarder yang menghasilkan gaji hanya $ 1 per tahun, juga menghabiskan lebih dari $ 775.000 untuk penggunaan pesawat pribadi, sehingga total kompensasi “lainnya” untuk tahun ini mencapai lebih dari $ 5 juta, Facebook mengatakan .

Namun, menghabiskan $ 4,3 juta untuk layanan keamanan adalah angka yang sangat tinggi di pasar jejaring sosial, serta industri teknologi. Awal bulan ini, misalnya, Twitter mengungkapkan bahwa mereka hanya menghabiskan $ 68,500 untuk layanan jasa keamanan untuk CEO Jack Dorsey pada tahun 2015.

Tahun lalu, Equilar, yang melacak kompensasi eksekutif, merilis sebuah analisis tentang data ‘Fortune 100’ tentang berapa banyak perusahaan yang membayar untuk melindungi CEO mereka. Equilar menemukan bahwa pada tahun 2013, Amazon membayar $ 1,6 juta untuk keamanan pada chief executive Jeff Bezos. Amazon mengatakan dalam sebuah laporan pendapatan bahwa mereka percaya bahwa biaya tersebut “masuk akal dan perlu” untuk keuntungan “perusahaan e-commerce”.

Eksekutif terkemuka lainnya juga memiliki jutaan yang dihabiskan untuk keamanan mereka. Oracle, misalnya, menghabiskan $ 1,5 juta untuk melindungi CEO Larry Ellison.

Namun, laporan Equilar menemukan bahwa rata-rata yang dikeluarkan oleh perusahaan ‘Fortune 100’ untuk melindungi kepala eksekutifnya berkisar sekitar $ 30.000 setahun.

Lantas, apa yang membuat Zuckerberg begitu istimewa?

Dalam laporan tahunannya , Facebook mengatakan bahwa “visibilitas tinggi,” ditambah dengan beberapa ancaman spesifik, menjadikannya penting untuk menghabiskan banyak uang untuk keamanannya.

“Karena visibilitas perusahaan kami yang tinggi, komite kompensasi dan tata kelola kami telah memberi otorisasi ‘program keamanan secara keseluruhan’ bagi Mr. Zuckerberg untuk menangani masalah keamanan karena ancaman spesifik terhadap keselamatannya yang timbul secara langsung sebagai akibat posisinya sebagai pendiri kami, ketua, dan CEO, “kata Facebook.

“Kami memerlukan tindakan pengamanan ini untuk keuntungan perusahaan karena pentingnya Mr. Zuckerberg ke Facebook, dan kami percaya bahwa biaya dari keseluruhan program keamanan ini sesuai dan perlu.”

Facebook menambahkan bahwa biaya tersebut, yang mencapai $ 5,6 juta pada tahun 2014 dan $ 2,6 juta pada tahun 2013, termasuk “tindakan pengamanan” untuk tempat tinggal pribadi Zuckerberg, detail keamanan, dan penggunaan pribadi pesawat pribadi untuk membuatnya tetap aman di pesawat terbang.

Memang, Facebook mungkin benar untuk sangat memperhatikan keamanan Zuckerberg. Pada bulan Februari, sebuah kelompok hacker yang diduga terkait dengan ISIS menargetkan CEO Zuckerberg dan Twitter Jack Dorsey.

Dalam video berdurasi 25 menit, kelompok tersebut, menunjukkan gambar Zuckerberg dan Dorsey yang diliputi oleh lubang peluru. Sementara kelompok tersebut tidak pernah secara eksplisit mengancam CEO Facebook.

Dalam sebuah wawancara dengan Fortune tahun lalu, Timothy Horner, kepala manajemen risiko keamanan di Kroll, mengatakan bahwa chief executive, yang biasanya kaya, menghadapi banyak ancaman. Horner mengatakan bahwa mungkin saja para pemimpin eksekutif menjadi sasaran organisasi teroris. Oleh karena itu, keamanan sangat penting.

Tapi Zuckerberg bukan satu-satunya eksekutif Facebook yang mendapatkan keamanan tahun lalu. Menurut perusahaan tersebut, COO Sheryl Sandberg menerima hampir $ 1,3 juta layanan keamanan tahun lalu. (Hsg)