Besok, Dua Paslon Pilgub Bali akan Ikuti Tes Kejiwaan

oleh
Salah satu Cagub dan Cawagub Bali saat menjalani tes kesehatan di RSUP Sanglah. Foto: Dsd))
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Dua pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Bali sudah menjalani tes kesehatan pada Rabu (10/1/2018) dan Kamis (11/1/2018). Selanjutnya, kedua paslon akan menjalani tes psikologi di kantor KPUD Bali pada Sabtu (13/1/ 2018).

Paslon Ida Bagus Rai Darmawijaya Mantra dan I Ketut Sudikerta (Mantra-Kerta) yang diusung Koalisi Rakyat Bali (KRB) menjalani tes kesehatan pada Kamis, 11 Januari 2018.  Sehari sebelumnya, paslon

Wayan Koster – Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati (KBS-Ace) yang menjalani tes kesehatan.

“Hasil tes kesehatan kedua pasangan calon itu akan diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum Daerah Bali pada 16 Januari 2018,” kata Ketua Tim Pemeriksaan Kesehatan RSUP Sanglah, Ketut Sudartana, di Denpasar,Jumat (12/1/2018).

Sudartana menjelaskan, kedua paslon dalam Pilgub Bali tersebut telah menjalani pemeriksaan kesehatan seperti penyakit dalam, jantung, paru-paru, mata, THT, bedah umum, bedah ortopedi, dan lain-lain.

Selain itu, juga dilakukan pemeriksaan laboratorium seperti fungsi hati, fungsi ginjal, dan kolesterol. “Termasuk juga pemeriksaan narkoba yang dilakukan oleh pihak BNN Provinsi Bali,” ungkapnya.

Untuk pemeriksaan kesehatan kedua paslon tersebut, kata Sudartana, RSUP Sanglah melibatkan belasan dokter spesialis. Mulai dari spesialis penyakit dalam, bedah ortopedi, bedah urologi, jantung, paru, mata, THT, psikiatri, gigi dan mulut, obgin, dan lainnya.

Dia menjelaskan, hasil pemeriksaan kesehatan tersebut akan menentukan apakah pasangan calon sehat secara medis dan layak menjadi calon kepala daerah.

“Hasil pemeriksaan kita kumpulkan dan resumekan pada 16 Januari 2018 ke KPUD. Rapat final tim dokter akan dilakukan pada 15 Januari 2018,”terangnya.

Ketua KPUD Bali Dewa Kade Wiarsa Raka Sandhi mengatakan,  khusus untuk pemeriksaan rohani dan psikologis pasangan calon, dijadwalkan berlangsung pada 13 Januari 2018. “Untuk tes psikologi akan dilakukan pada hari Sabtu, 13 Januari 2018, di kantor KPU,” katanya. (Dsd/Sir)