Berkunjung ke Bali, Wisatawan akan Dipungut Dana Kontribusi

oleh
Wisatawan mancanegara di Pantai Kuta, Bali. (Ist)
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Wisatawan nusantara dan mancanegara yang berkunjung ke Bali akan dipungut dana kontribusi. Rencananya, wisatawan mancanegara akan dipungut 10 dolar AS per orang untuk  sekali kunjungan. Sedangkan wisatawan nusantara akan dipungut Rp 25 ribu per orang untuk  sekali kunjungan.

Rencana tersebut diungkapkan oleh Gubernur Bali Wayan Koster saat menyampaikan Raperda tentang Konstribusi Wisatawan untuk Pelestarian Lingkungan Alam dan Budaya Bali dalam Rapat Paripurna ke-19 DPRD Provinsi Bali di Ruang Sidang Utama DPRD Provinsi Bali, Rabu (19/12/2018).

Dalam penjelasannya, Koster menyatakan pengenaan konstribusi wisatawan ini bertujuan untuk melestarikan alam, lingkungan, adat, tradisi, seni dan budaya, serta kearifan lokal. Juga untuk memberdayakan desa adat, membangun sarana prasarana seni dan budaya serta meningkatkan kualitas pelayanan dan penyelenggaraan kepariwisataan Bali.

Pengenaan konstribusi bagi wisatawan yang berkunjung ke Bali ini akan diatur dalam Peraturan Gubernur Bali.

“Wisatawan mancanegara akan dikenakan 10 dolar AS per orang dan wisatawan nusantara Rp 25 ribu per orang dan dikenakan hanya satu kali dalam sekali kunjungan ke Bali. Tata kelola pengenaan dan pengelolaanya akan diatur dalam Pergub,“ ungkap Koster. (*)