Bawaslu Situbondo Tertibkan APK

oleh
banner 300250

Situbondo, Suarabali.com – Memasuki hari tenang,  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Situbondo,  mulai mencopot alat peraga kampanye (APK) milik para calon legislatif (Caleg) maupun pasangan calon presiden,  yang diketahui masih terpasang.

Pada hari kedua tahapan masa tenang, petugas Panwaslu di masing-masing kecamatan di Kabupaten Situbondo, mereka secara serentak mencopot paksa sejumlah APK,  yang diketahui masih terpasang dan tidak diturunkan oleh para pemilik APK tersebut.

Ketua Bawaslu Kabupaten Situbondo Murtapik mengatakan, memasuki tahapan hari  tenang, selain melakukan patroli untuk mengantisipasi terjadinya money politik, namun petugas Panwascam di masing-masing, mereka juga menertibkan APK di daerahnya masing-masing.

“Pada hari ini, 17 Panwascam di Situbondo, mereka bersama Satpol PP dan didampingi anggota TNI/Polri membersihkan APK,  yang diketahui masih diturunkan para pimpinan partai politik maupun tim kampanye,”kata Murtapik, Senin (15/4/2019).

Menurutnya, sebetulnya  penertiban APK  peserta Pemilu 2019 telah dilakukan sejak Minggu (14/4) lalu, namun Bawaslu memberikan waktu dan kesempatan kepada masing-masing pimpinan parpol untuk menertibkan APK sendiri. Namun, memasuki tahapan  hari tenang kedua, diketahui masih banyak APK yang belum dicopot.

“Sehingga dengan banyaknya APK yang belum dicopot, kami langsung perintahkan Panwascam untuk mencopot APK secara serentak di wilayahnya masing-masing, karena memasuki hari tenang, APK harus bersih,”pungkas pria yang akrab dipanggil Lopa.(fat)