Bawaslu Bali Soroti Masalah Dana Kampanye Pilgub

oleh
Bawaslu Provinsi Bali menggelar rapat koordinasi di Rumah Luwih, Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Selasa (17/4/2018). (Ist)
banner 300250

Gianyar, suarabali.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Bali menggelar rapat koordinasi pengawasan tahapan kampanye dan dana kampanye pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2018 di Rumah Luwih, Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Selasa (17/4/2018).

Acara yang berlangsung pukul 14.00 WITA tersebut dihadiri Ketua Bawaslu Provinsi Bali I Ketut Rudia, Kepala Sekreatriat Bawaslu Provinsi Bali, Kordiv Hukum Bawaslu Provinsi Bali, Kordiv Pencegahan dan Hubungan antar Lembaga Bawaslu Provinsi Bali, Devisi Pengawasan Panwaslu Kabupaten dan Kota se-Bali serta 30 peserta.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk menyamakan persepsi dan mancari masukan terkait permasalahan yang dihadapi selama kegiatan pengawasan tahapan kampanye Pilgub Bali 2018 dan Pilkada Serentak 2018 di Bali.

“Tujuannya, untuk mencari solusi penyelesaian atas berbagai permasalah tersebut. Sehingga, setiap tahapan kegiatan Pilkada 2018 dapat berjalan dengan lancar,” kata Ketua Bawaslu Provinsi Bali I Ketut Rudia.

Dalam rapat tersebut juga dibahas terkait anggaran pengawasan pada masa kampanye. Hal ini dilakukan untuk menghidari terjadinya penyimpangan.

Rapat koordinasi tersebut mendapat pengamanan ketat dari personel Polda Bali dan Polres Gianyar yang tergabung dalam Operasi Mantap Praja Agung 2018.

Kaopsda Mantap Praja Agung 2018 Kombes Pol. I Wayan Pinatih mengatakan personel Polda Bali dan Polres Gianyar melaksanakan pengamanan dengan SOP yang ada.

Dia menegaskan, pihak kepolisian tidak hanya melakukan pengamanan kampanye paslon Gubernur-Wakil Gubernur dan Bupati-Wakil Bupati. Namun, kepolisian juga mengamankan kegiatan yang dilaksanakan oleh penyelenggaran maupun pengawas Pilkada.

“Kami melakukan pengamanan ini dengan terbuka dan tertutup sesuai SOP. Dengan harapan, kegiatan yang diselenggarakan oleh penyelenggara maupun pengawas Pilkada dapat berlangsung dengan aman dan lancar. Sehingga, seluruh rangkaian tahapan Pilkda di Bali tahun 2018 berjalan damai,” ungkap Kombes Pol. I Wayan Pinatih. (*/Sir)