Banyak Persamaan, Bali dan Uttarakhand Jadi Sister of Province

oleh
Gubernur Bali Made Mangku Pastika dan Dubes India Pradeep Kumar Rawat. (Ist)
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Pemerintah Provinsi Bali dan pemerintah India sepakat meningkatkan kerja sama di berbagai bidang pembangunan. Kesepakatan itu tercapai dalam pertemuan Gubernur Bali Made Mangku Pastika dengan Duta Besar India untuk Indonesia dan Timor Leste Yang Mulia Pradeep Kumar Rawat di kantor Gubernu Bali, Kamis (21/12/2017).

Didampingi Konsul Jenderal India Sunil Babu, Dubes India Pradeep Kumar mengatakan pihaknya siap melakukan kerja sama di bidang infrastruktur, pengembangan pelestarian budaya, peningkatan kualitas sumber daya manusia maupun pengembangan pariwisata kedua wilayah.

“Dengan latar belakang yang kita miliki, saya  yakin banyak kerjasama yang bisa kita jalin kedepannya. Saya harap jalinan kerja sama dan persaudaraan kita akan semakin erat, “ katanya.

Pradeep Kumar yang baru pertama kalinya datang ke Bali sangat mengagumi keindahan alam serta budaya Bali yang sangat luar biasa. Hingga saat ini, menurut dia, Bali masih menjadi tujuan wisata utama bagi warga negaranya. Lebih dari 60 persen warga India memilih Bali sebagai tempat untuk berwisata.

Pradeep Kumar juga mengapresiasi layanan yang diberikan kepada warga negaranya yang berlibur di Bali saat penutupan Bandara Ngurah Rai akibat erupsi Gunung Agung. Kedepannya, Dubes India juga berharap agar Bali bisa menjadi Sister of Province dari Uttarakhand di India. Uttarakhand juga terkenal sebagai Land of the Gods dan memilki banyak pura Hindu dan sebagai pusat ziarah. Sehingga, sangatlah tepat untuk menjadi sister province of Bali yang terkenal dengan Island of Gods.

Keinginan India menjalin hubungan Sister of Province antara Bali dan Uttarakhand disambut positif Gubernur Bali Made Mangku Pastika.

Dengan banyaknya persamaan dan latar belakang kedua provinsi itu, Gubernur Pastika optimistis jalinan kerja sama akan membawa dampak positif bagi India dan Bali.

“India dan Bali punya hubungan yang sangat dekat. Jalinan sister of province  yang akan terbentuk semakin mempererat jalinan persaudaran di antara kita. Untuk itu, saya menyambut baik dan siap berkoordinasi dalam mewujudkannya,“ tegas Pastika.

Terkait kerja sama dalam bidang infrastruktur maupun bidang lainnya, Gubernur Pastika juga menyatakan siap berkoordinasi dengan pemerintah pusat maupun instansi vertikal lainnya. (Sir)