Bamsoet Imbau BPBD Siaga Gangguan Alam Ekstrem

oleh
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo. (Ist)
banner 300250

Jakarta, suarabali.com – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengimbau Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di semua daerah untuk segera menggelar konsolidasi dan meningkatkan kesiap-siagaan guna merespons gangguan alam yang cukup ekstrem dalam beberapa hari ini. Bahkan, banjir serta gempa bumi terjadi di sejumlah daerah dan telah menelan korban jiwa.

“Saya terus mencermati peristiwa gangguan alam yang cukup ekstrem di sejumlah daerah, seperti halnya di Jakarta dan Bengkulu. Oleh karena itu, kesiapsiagaan aparat BPBD sangat diperlukan, agar mampu memberi pertolongan pertama kepada warga yang terdampak banjir atau kerusakan akibat gempa bumi,” ujar Bamsoet, sapaan akrabnya, dalam siaran persnya, Minggu (28/4/2019).

Selain di Jakarta, bencana banjir juga melanda dua kelurahan di Tanjungpandang, Kabupaten Belitung. Sedangkan di Provinsi Bengkulu dan Pemalang di Jawa Tengah, terjadi banjir bandang yang menelan korban jiwa. Tidak hanya itu, sepanjang akhir pekan lalu, gempa bumi juga terjadi di Bengkulu, Kabupaten Puncak dan Manokwari di Papua, serta Banggai Kepulauan di Sulawesi.

“Meskipun berbagai peristiwa gempa itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami, aparat BPBD diminta tetap waspada dan siaga. Maka, untuk mendapatkan gambaran tentang perubahan cuaca dalam beberapa hari ke depan, petugas BPBD disarankan untuk menyimak perkiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG),” tandas politisi Partai Golkar itu.

Selain itu, Bamsoet juga berharap agar setiap pemerintah daerah yang wilayahnya terkena dampak gangguan alam, untuk memberikan perhatian khusus kepada warga yang terpaksa tinggal di pengungsian akibat banjir. “Selain makanan, warga yang mengungsi membutuhkan berbagai bantuan seperti air bersih, selimut hingga obat-obatan,” pesan legislator dapil Jawa Tengah VII itu. (*)