Bali United Dipastikan Juara Liga I Indonesia, Gubernur Koster Siapkan Bonus

oleh
Manajemen Bali United memberikan kaos bertuliskan Champion kepada Gubernur Bali Wayan Koster dan Wagub Bali Cok Ace, Minggu (8/12/2019). (Ist)
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Bertengger di puncak klasemen sementara Kompetisi Sepak Bola Liga I Indonesia 2019, Bali United (BU) yang unggul sekitar 11 poin dari pesaing terdekatnya, Madura United, dipastikan menjadi Juara Liga I Indonesia 2019. Prestasi yang ditorehkan Pasukan Serdadu Tridatu ini mendapat dukungan dan apresiasi dari Gubernur Bali Wayan Koster.

Gubernur Koster tampak sumringah saat menerima kunjungan manajemen BU dua bersaudara, Pieter Tanuri dan Yabes Tanuri, di Rumah Jabatan Gubernur Bali  Jaya Sabha, Denpasar, Minggu (8/12/2019).

“Bali United sudah meraih prestasi yang membanggakan bagi masyarakat Bali, tentu ini harus diapresiasi dan didukung. Baik dari segi fasilitas dan sebagainya agar kedepan prestasinya lebih meningkat,” ujar Koster yang juga hobi menonton sepak bola ini.

Sebagai bentuk apresiasi, Koster bahkan mengaku akan menyiapkan bonus bagi Serdadu Tridatu saat sudah diumumkan secara resmi sebagai Juara Liga I Indonesia.

“Sebagai penghormatan dari Pemerintah Provinsi Bali mewakili masyarakat Bali, akan kita siapkan bonus bagi mereka karena sudah membawa nama baik Bali. Nilai besarannya masih kami hitung, tapi pasti dapat,” ungkap Koster yang kala itu didampingi Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace).

Lebih jauh Koster mendukung kemajuan sepak bola Bali dengan menyiapkan fasilitas yang memadai, yang sekaligus menunjang sektor pariwisata Bali dengan mengedepankan sport tourism yang bisa menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bali, bahkan devisa negara.

“Bali sudah memiliki citra sebagai destinasi wisata dunia. Ini sangat menguntungkan apabila kita juga memiliki fasilitas pelaksanaan berbagai event olahraga berkelas nasional dan internasional yang memadai termasuk sepak bola, sebagai lokasi sport tourim yang menjadi sumber pendapatan baru,” ujar Koster.

“Rencana ini memang membutuhkan dana yang besar, tapi kita sedang mengarah ke sana. Nanti kita rancang lebih detail, kita kaji lokasi dan anggarannya. Ini juga bisa menjadi solusi pemerataan pembanggunan, yang seperti kita ketahui selama ini sangat timpang,” imbuh Gubernur asal Desa Sembiran, Buleleng ini.

Sementara Chief Executive Officer (CEO) BU Yabes Tanuri mengatakan keberhasilan yang diraih klub asuhannya tersebut menganggat nama Bali, bahkan diperhitungkan sebagai salah satu lokasi dari 10 lokasi penyelenggaraan Piala Dunia Sepak Bola Umur 20 pada tahun 2021.

Indonesia dipastikan terpilih menjadi tuan rumah setelah sebelumnya Presiden Joko Widodo mengajukan Indonesia sebagai calon tuan rumah Piala Dunia U20 yang diperkirakan digelar pada Mei 2021. Ia pun berharap mendapat dukungan dari pemerintah untuk menyiapkan fasilitas dan infrastruktur yang memadai.

Seperti diketahui, Bali United dinyatakan juara setelah mengalahkan Semen Padang 2-0 pada laga pekan ke-30, Senin (2/12/2019). Bali United menjadi juara karena di klasemen setelah poinnya tak mungkin terkejar lagi.

Gubernur Koster bersama Wagub Cok Ace pun kompak mengaku akan menyaksikan secara langsung kehebohan pertandingan Pasukan Tridatu pada laga berikutnya tanggal  22 Desember 2019 serta merancang penyambutan Piala Kejuaraan pada tanggal 23 Desember 2019 yang akan diarak di seputaran Kota Denpasar agar seluruh masyarakat ikut merasakan semaraknya kemenangan tersebut. (*)