Bali Resik Bumi Seni di Pantai Saba Gianyar

oleh
Kegiatan bersih-bersih sampah plastik di Pantai Saba, Blahbatuh, Gianyar, Minggu (7/4/2019). (Ist)
banner 300250

Gianyar, suarabali.com – Ratusan warga bersama pegawai Pemkab Gianyar, TNI, dan Polri melakukan aksi bersih-bersih sampah plastik di Pantai Saba, Blahbatuh, Gianyar, Minggu (7/4/2019). Kegiatan ini bertujuan mewujudkan wilayah Kabupaten Gianyar yang bersih dan sehat guna menunjang Bali Resik Bumi Seni.


Kegiatan gotong-royong membersihkan sampah plastik di pantai itu dimulai pukul 06.30 WITA. Sampah-sampah itu dikumpulkan dalam wadah yang telah disiapkan untuk selanjutnya ditangani oleh Dinas Lingkungan Hidup Gianyar.

Dalam sambutannya, Bupati Gianyar I Made Mahayastra mengatakan kegiatan tersebut bertujuan mengingatkan masyarakat untuk menggalakkan budaya gotong-royong dan hidup ramah lingkungan.

“Masalah sampah di Kabupaten Gianyar memang sudah ditangani secara serius . Namun, dukungan masyarakat dengan pola hidup ramah lingkungan diyakini akan mewujudnyatakan cita-cita bersama ini,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gianyar I Wayan Kujus Pawitra mengatakan kegiatan membersihkan sampah plastik sudah sering dilakukan di Kabupaten Gianyar. Gerakan ini sebagai pembelajaran tentang bagaimana bahaya sampah plastik tersebut bagi manusia maupun lingkungan.

“Gerakan ini sudah rutin dilakukan. Dengan peraturan gubernur (Pergub) dan didukung peraturan Bupati Gianyar, kita tindaklanjuti gerakan ini sampai ke masyarakat,” ujar Kujus Pawitra.

Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik digelar secara serentak di Provinsi Bali. Untuk Kabupaten Gianyar, kegiatan dipusatkan di Pantai Saba. Kegiatan ini sekaligus untuk menyambut peringatan Hari Jadi ke-248 Kota Gianyar pada 19 April 2019. (*)