Bali Jadi Model Sukses Program Sosial Bank Indonesia

oleh
Palaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Bali sangat terbantu dengan Program Sosial Bank Indonesia. (Ist)
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Provinsi Bali bisa menjadi model bagi provinsi-provinsi lainnya di Tanah Air dalam Program Sosial Bank Indonesia (PSBI). Para petani dan palaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sangat terbantu dengan program tersebut. Ekonomi rakyat kecil berkembang dan inflasi bisa dikendalikan.

“PSBI Bali luar biasa. Banyak sentuh perekonomian Bali. Semua klaster disentuh, termasuk kopi dan UMKM. Bali bisa menjadi model PSBI. Kepala Perwakilan BI Bali mengetahui betul potensi Bali,” ucap Anggota Komisi XI DPR RI Elviana saat mengikuti Kunjungan Kerja Spesifik Komisi XI DPR RI ke Denpasar, Bali, Selasa (12/3/2019).

PSBI betul-betul membantu secara total. Para petani kopi di Bali, misalnya, tidak saja diberi akses modal, tapi juga alat pengupas biji kopi sekaligus memasarkannya. Komisi XI DPR RI tentu mendukung program yang sangat populis ini. PSBI di Bali telah menyentuh banyak sektor, seperti pertanian, perikanan, peternakan, hingga pariwisata.

“Saya harapkan Kepala Perwakilan BI di seluruh provinsi agar lebih kreatif lagi membantu ekonomi rakyat, sehingga kehadiran PSBI bisa dirasakan masyarakat,” tutur politisi PPP ini.

Sekarang, lanjut Elviana, tinggal bagaimana peran Pemprov yang harus tahu sektor mana lagi yang belum tersentuh PSBI. Di situlah Pemprov ikut berperan memajukan ekonomi rakyat, karena PSBI tidak mungkin menyentuh semuanya.

Elviana menambahkan, PSBI Bali juga sudah masuk pada komoditas besar, yaitu mengelola sebuah desa menjadi objek wisata. Pemprov Bali harus memantau dan memberi perhatian lebih pada sektor ini. Desa wisata binaan PSBI ada di Tampaksiring. Desa ditata rapi dan ekonomi warganya dibuka seluas-luasnya hingga mandiri dan sejahtera. (*)