Balawista Badung Dapat Bantuan Dua Unit ATV

oleh
Balawista Badung menerima bantuan dua unit All Terrain Vehicle dari Prudence Foundation, Rabu (24/1/2018). (Foto: Mkf)
banner 300250

Badung, suarabali.com – Prudence Foundation, lembaga sosial bagian dari Prudential Corporation Asia, memberikan bantuan berupa dua unit kendaraan All Terrain Vehicle (ATV), 20 teropong, dan 30 payung parasol kepada Badan Penyelamat Wisata (Balawista) Kabupaten Badung, Bali, Rabu (23/1/2018).

Prudence Foundation memberikan bantuan tersebut untuk meningkatkan keselamatan di pantai, yang merupakan salah satu destinasi utama bagi para turis dan masyarakat setempat. Selain itu, Prudential Indonesia juga bekerja sama dengan duta Safe Steps, yakni Marshello Lolot Aryafara serta Balawista, untuk mendukung ‘Little Nippers’.

Little Nippers merupakan program pelatihan dasar keselamatan di pantai untuk anak-anak berusia 6 sampai 13 tahun di Bali.

Pelatihan dasar pertolongan pertama di pantai juga diberikan kepada sejumlah tenaga pemasar serta karyawan Prudential di area Bali. Mereka dilatih agar dapat berbagi pengetahuan kepada masyarakat. Sehingga, masyarakat dapat melakukan pertolongan pertama apabila menghadapi kondisi darurat di pantai.

Executive Director Prudence Foundation, Marc Fancy, mengatakan safe steps first aid merupakan inisiatif layanan masyarakat pertama di Asia yang bertujuan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang pertolongan pertama (first aid).

“Mengingat pantai merupakan salah satu bagian terpenting di Bali. Juga untuk mendukung para penjaga pantai dalam menjalankan tugasnya. Kami percaya donasi ini merupakan langkah awal yang tepat untuk menggiatkan safe steps di Indonesia agar mampu melindungi masyarakat luas,” ucapnya.

Corporate Communications and Sharia Director Prudential Indonesia, Nini Sumohandoyo, mengaku senang dapat bekerja sama dengan Balawista dalam mendukung program safe steps.

“Melalui kerja sama ini, kami mendukung kegiatan insitiatif safe steps, khususnya keselamatan di pantai, sekaligus mendorong berkembangnya pemahaman anak-anak, tenaga pemasar, dan karyawan kami terhadap keselamatan diri dan masyarakat luas,” ujarnya.

Ketua Balawista Kabupaten Badung Bali, I Made Suparka, mengatakan Pantai Kuta Bali merupakan salah satu pantai yang sangat berbahaya di Badung. Selain membutuhkan life guard yang andal, juga harus didukung fasilitas yang memadai untuk pertolongan bagi wisatawan.

“Sepanjang 80 kilometer pantai Badung dijaga 180 life guard. Mulai dari Pantai Tanjung Benoa sampai ke Mumbu. Ada 26 pos jaga,” ucapnya.

Untuk bantuan dua unit kendaraan ATV, kata Suparka, satu unit akan digunakan di Pantai Kuta dan satu unit lagi di Nusa Dua.

“Yang paling rawan di Pantai Kuta. Dalam sehari, ada ribuan orang yang berenang di sini. Pantai Kuta itu arusnya sangat kuat dan banyak palung-palung laut,” pungkasnya. (Mkf/Sir)