Baksos Dharma Pertiwi untuk Korban Terdampak Gempa Lombok

oleh
Pengobatan gratis bagi warga terdampak gempa di Desa Tanjung, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Kamis (1/10/2018). (Ist)
banner 300250

Lombok, suarabali.com – Dharma Pertiwi bersama Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK) menggelar kegiatan bakti sosial (baksos) berupa pengobatan di tempat pengungsian di Desa Tanjung, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (1/10/2018).

Dikutip dari laman tni.mil.id, baksos serupa juga digelar di RSAD Mataram, RSUP NTB, dan RSUD Kota selama tiga hari hingga 3 November 2018 sebagai perwujudan semangat kebangkitan Lombok pasca gempa. Selain itu, juga untuk mendukung lomba lari TNI International Marathon (TIM) dalam rangka memperingati HUT ke-73 TNI, yang akan dihelat di Kuta Mandalika, Lombok Tengah, pada 4 November 2018.

Dengan melibatkan 386 tenaga kesehatan dari Puskes TNI dan Satuan Kesehatan jajaran TNI AD serta sejumlah mitra, baksos tersebut akan melayani pengobatan masal, penyuluhan dan pelatihan, operasi dan donasi.

Dalam pengobatan masal disiapkan poli umum untuk 1.000 orang, poli gigi untuk 250 orang, poli bedah, poli kandungan (IVA), poli penyakit dalam, poli jantung, poli anak, vaksinasi (ORI+MR) 100 orang, poli mata, poli saraf, poli THT, dan tindakan bedah minor untuk 50 orang.

Sementara kegiatan penyuluhan dan pelatihan kepada 400 orang meliputi penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat, deteksi dini kanker serviks, bahaya narkoba, pernikahan dini, kesehatan gigi, werving, stunting 100 orang, trauma healing kepada 150 orang, parenting PAUD, pelatihan menjahit, pelatihan pembuatan tempe, dan pelatihan keterampilan dari bahan tenun.

Untuk operasi, akan dilakukan operasi katarak untuk 100 mata, operasi bibir sumbing untuk 20 orang dan bedah umum. Sejumlah donasi akan diberikan berupa 25 unit kursi roda, 50 unit alat bantu dengar, 1.000 kacamata baca, 30 unit kaki palsu, sembako, dan susu formula.

Dalam setiap kegiatannya, Dharma Pertiwi sebagai bagian Keluarga Besar TNI akan terus berupaya membantu masyarakat yang membutuhkan secara langsung melalui kegiatan baksos. Kegiatan seperti ini sesuai dengan tema HUT ke-73 TNI, yakni: Profesionalisme TNI untuk Rakyat. (*)