Apple Ingatkan Jika Layar iPhone X Jenis OLED Mengalami “Burn-In”

oleh
banner 300250

Amerika,suarabali.com – IPhone X akhirnya dirilis, dan mereka yang cukup beruntung akan memeperoleh perangkat mahal ini akan menikmati fitur seperti: Face ID, Animoji, dan layar OLED Super Retina. Layar OLED adalah layar teknologi baru yang lebih tipis, lentur dan hemat enerji.

Jelas, ini adalah iPhone pertama yang memakai teknologi OLED, Apple telah merilis sebuah dokumen baru yang menjelaskan kepada consume Apple tentang apa perbedaannya layar OLED dari model iPhone sebelumnya, serta masalah apa saja yang mungkin mereka alami dari waktu ke waktu dilayar OLED tersebut.

Hal yang paling penting yang disebutkan dalam dokumen, yakni akan terjadi perubahan warna, dan warna akan berubah saat layar dilihat dari sudut tertentu, dan sebagian menyala dari waktu ke waktu.

Apple menjelaskan bahwa tampilan OLED-nya adalah yang terbaik di pasaran saat ini, namun karakteristik umum dari teknologinya adalah bahwa perubahan warna dapat diperhatikan saat melihat layar dari sudut miring ke samping.

Masalah lainnya adalah burn-in, atau bila gambar telah ditampilkan di layar untuk jangka waktu yang lama, sehingga gambarnya masih terlihat samar-samar setelah gambar berubah.

Apple mengatakan bahwa mereka telah bekerja untuk mengurangi efek burn-in, namun menambahkan bahwa hal itu mungkin masih dialami selama perangkat iPhone X dipakai. Perusahaan mencatat bahwa “sedikit perubahan visual” seperti ini dianggap biasa saja untuk display OLED, ini bukan soal serius.

“Jika Anda melihat layar OLED off-angle miring disamping, Anda mungkin akan melihat sedikit perubahan warna. Ini adalah karakteristik OLED dan merupakan efek normal. Dengan penggunaan jangka panjang yang panjang, display OLED juga dapat menunjukkan sedikit perubahan visual. Hal ini juga mencakup ‘ketegasan gambar’ atau ‘burn-in,’ di mana layar menunjukkan sisa-sisa gambar yang samar bahkan setelah gambar baru muncul di layar. Hal ini dapat terjadi pada kasus yang lebih ekstrem seperti saat gambar kontras tinggi yang sama terus ditampilkan untuk periode waktu yang lama. Kami telah merancang tampilan Super Retina untuk menjadi yang terbaik di industri ini dalam mengurangi efek OLED ‘burn-in’,” demikian penjelasan iPhone didalam dokumen tersebut.

Untuk membantu mencegah burn-in dari waktu ke waktu, Apple menganjurkan agar pemilik iPhone X untuk mengklik ‘Auto-Brightness’ diaktifkan, gunakan periode ‘Auto-Lock’ yang lebih pendek, dan hindari menampilkan gambar statis dengan kecerahan penuh untuk waktu yang lama untuk membantu mempertahankan kecerahan layar OLED. .

Tapi yang juga penting untuk dicatat dengan dokumen ini adalah bahwa Apple mengacu pada masalah ini sebagai perilaku normal, yang berarti jika muncul gejala diatas, maka ini tidak termasuk dalam asuransi yang ditutupi oleh jaminan iPhone X atau cakupan AppleCare +. Karena perangkat masih begitu baru, tidak jelas seberapa umum terjadinya kasus seperti burn-in, jadi kita harus melihat bagaimana kinerjanya selama berminggu-minggu dan berbulan-bulan pemakaian. (Hsg)