Anugerah Musik Bali Akan Digelar Kembali Februari 2020

oleh
Inisiator dan komite pelaksana Anugerah Musik Bali saat press conference di Loh Café & Eatery, Jumat (8/11/2019). (Ist)
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Untuk kedua kalinya, Anugerah Musik Bali (AMB) akan digelar kembali pada Februari 2020. Ajang ini merupakan bentuk apresiasi terhadap seniman musik Bali, baik musik tradisional maupun musik modern dari berbagai genre.

AMB merupakan ajang para musisi Bali mendapatkan penghargaan atas karyanya setelah melalui proses nominasi. Pendaftaran musisi dan karya musisi tersebut berlangsung selama sepanjang tahun, mulai 1 Desember hingga 30 November tahun berikutnya. Adapun pendaftaran dilakukan melalui website AMB, www.anugrahmusikbali.com yang diluncurkan pada press conference di Loh Café & Eatery pada Jumat (8/11/2019).

Dalam press conference ini, inisiator AMB Gede Bagus hadir bersama para komite pelaksana AMB, yaitu Wibi Nugraha, I Made Adnyana, Dhani Chaniago, Putra Mahardika, bersama komite tamu, Gandhi Frans. Gede Bagus mengatakan ajang ini merupakan bentuk apresiasi seniman, khususnya bagi para musisi Bali.

“Penghargaan ini bukan dilihat sebagai sebuah kompetisi, tapi sebagai bentuk penghargaan. Jadi, ada satu wadah tempat kita berkumpul dan ada penghargaannya,” ujar Gede Bagus.

Salah satu syarat agar karya musik atau musisi bisa terdaftar di AMB, yaitu karyanya harus sudah terpublikasi di platform YouTube. Nantinya, karya dan musisi yang terdaftar ini akan memasuki salah satu dari 21 kategori yang tersedia.

Tak hanya ditentukan oleh komite, pemenang penghargaan ini juga akan melibatkan voting masyarakat untuk beberapa kategori yang merupakan ‘favorit’, seperti kategori  solo/duo/grup/kolaborasi terfavorit, dan kategori lagu bBerbahasa Bali terfavorit.

“Jadi, ada tiga kategori yang ditambah dari tahun lalu. Tahun lalu kita ada 18 kategori, dan tahun ini nambah lagi 3,” lanjut Gede Bagus.

Nantinya, acara puncak AMB akan dilaksanakan pada Februari 2020. Yang berbeda dari pelaksanaan AMB sebelumnya, yaitu adanya sejumlah rangkaian event sebelum malam puncak AMB 2020. Di antaranya, Road to AMB 2020 berupa talkshow yang diadakan di sejumlah daerah dengan tema beragam, salah satunya ‘Pentingnya Publikasi bagi Musisi’.

Lalu, mendekati malam anugerah, akan ada Fun Walk with Stars, yang merupakan acara jalan santai bersama para bintang musisi Bali pada 23 Februari 2020. Adapun malam anugerah juga akan berlangsung pada malam hari di tanggal yang sama. (*)