Antisipasi Gunung Agung, Kodam Udayana Siapkan 16.000 Pasukan

oleh
Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak/Foto: Istimewa
banner 300250

Badung, Suarabali.com – Pangdam IX Udayana Mayor Jendral TNI Komarudin Simanjuntak mengatakan, pihaknya telah menyiapkan anggota  TNI Kodam Udayana untuk mengantisipasi erupsi Gunung Agung. Komarudin menyebutkan, anggotanya hingga saat ini masih diperbantukan untuk membantu penanganan para pengungsi. Namun, bila nanti terjadi erupsi, sebanyak 16 ribu pasukannya siap diterjunkan bilamana dibutuhkan pemerintah.

“Kami masih ada 16 ribu pasukan yang disiagakan. Pasukan ini akan disiapkan khusus untuk insiden komander,” tegas kata Komarudin saat ditemui disela acara Anniversary Golf Tournament. Badung, Sabtu (07/10/2017)

Komarudin berharap, pasca ditetapkannya Gunung Agung di level IV (awas) tidak sampai terjadi erupsi. Ia juga berpesan agar para pengungsi yang daerahnya berada di zona rawan untuk tetap berada di pengungsian sesuai instruksi pihak berwenang.

“Selama pemerintah masih menyatakan bahwa status Gunung Agung  belum normal. Kita tetap berdoa agar tidak sampai meletus. Kepada para pengungsi terutama yang daerahnya berada di posisi rawan untuk tetap mengikuti imbauan pemerintah,” tutupnya. (mkf)